Gaji Sistem Online, Zakat Profesi Turun

64
0
RAPAT KOORDINASI. Pemkab Pangandaran, Baznas, MUI dan Kemenag membahas soal realisasi zakat profesi di Kabupaten Pangandaran Selasa (21/5). Deni Nurdiansah / Radar Tasikmalaya

PARIGI – Menurunnya angka zakat profesi di lingkungan Pemerintah Kabupaten Pangandaran mendorong dibentuknya payung hukum. Tujuannya, agar setiap PNS bisa menyisihkan pendapatan zakat profesi.

Bupati Pangandaran H Jeje Wiradinata mengatakan untuk meningkatkan pendapatan zakat profesi di Kabupaten Pangandaran, pihaknya bisa membuat regulasi berbentuk peraturan bupati. ”Tapi pembuatan regulasi tersebut bukan prioritas utama, kita akan mencoba dulu berkomunikasi dengan seluruh ASN membahas potensi zakat, terutama pemanfaatannya seperti apa,” ujarnya kepada Radar, Selasa (21/5).

Ia pun sudah meminta kepada Baznas, MUI dan Asda I, untuk merumuskan potensi zakat di Pangandaran. Sehingga penggunaan zakat tersebut bisa jelas. ”Nanti semua bisa melihat bahwa zakat profesi ini banyak sekali manfaat,” terangnya.

Menurut dia, turunnya zakat profesi di lingkungan Pemkab Pangandaran disebabkan sistem pembayaran gaji yang sudah online. ”Jadi semuanya langsung masuk ke rekening, sehingga tidak bisa dipotong. Kalau dulu kan ke bendahara langsung bisa dipotong untuk zakat profesi,” ucapnya.

Lanjut Jeje, perwakilan PNS di Kabupaten Pangadaran akan dikumpulkan dalam waktu dekat membahas zakat profesi ini. ”Saya sudah sampaikan kepada mereka, dalam waktu dekat semua akan dikumpulkan” jelasnya.

Ketua Baznaz Kabupaten Pangandaran Hendri Suganda mengatakan potensi zakat profesi di Kabupaten Pangadaran mencapai Rp 600 juta dari 3 ribu lebih PNS dalam satu bulan. ”Tapi yang terealisasi hanya Rp 40 juta, jadi tidak mencapai 10 persen,” katanya.

Tahun 2018 lalu, angka zakat profesi di Kabupaten Pangandaran mencapai Rp 90 juta, tapi tahun ini menurun drastis. ”Ya itu tadi, pembayaran gajinya sudah sistem online,” terangnya.

Untuk itu, adanya rencana pembuatan regulasi dinilai sangat tepat, tinggal menunggu adanya perbup dan instruksi langsung dari bupati kepada PNS. (den)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.