Gali Informasi, Majukan Desa

33
0

BANJAR – Maju tidaknya pembangunan di desa, tergantung peran dari Badan Usaha Milik Desa (Bumdes). Hal tersebut dikatakan Ketua Prodi Ilmu Pemerintahan Sekolah Tinggi Ilmu Sosial Ilmu Pemerintahan (STISIP) Bina Putera Banjar Sidik Firmadi SIP, MIP saat membawa mahasiswanya studi lapangan ke Desa Mekarharja.

“Makanya kenapa kita melakukan studi banding ke Bumdes Mekar Pratama Desa Mekarharja karena terbaik di Jabar. Kita menggali informasi lebih dalam dan diharapkan mahasiswa mampu menerapkan ketika terjun di desanya masing-masing,” ujarnya usai studi lapangan Kamis (12/12).

Sidik menjelaskan Bumdes memiliki peran penting dalam meningkatkan pembangunan di desa. Ketika sudah maju, bisa ikut mengurangi pengangguran.

“Pemerintah harus mendorong kepala desa untuk mengembangkan Bumdes karena majunya daerah tergantung peran kepala daerahnya,” kata dia.

Dia pun berharap Bumdes yang aktif dan berkembang harus bisa jadi Bumdes asuh dengan melakukan bimbingan didampingi dinas terkait ke Bumdes lain. “Sehingga Bumdes yang lain bisa bangkit dan berjalan kembali,” kata dia.

Direktur Bumdes Mekar Pratama Angga Duriyat siap jika dibutuhkan dalam membangun dan mengembangkan Bumdes di Kota Banjar serta siap saling bertukar informasi dengan mahasiswa.

Loading...

“Intinya supaya Bumdes bisa berjalan dan berkembang tata kelola manajerialnya harus dimaksimalkan dan mampu melakukan pemberdayaan masyarakat, seperti karang taruna dan lainnya,” ujarnya.

Plt Kepala Desa Mekarharja Hendi menambahkan Bumdes tidak hanya mencari sisi profit atau keuntungan semata, tapi harus ada sisi sosialnya.

“Ini kan demi mewujudkan kesejahteraan di masyarakat, maka perlu ditingkatkan peran Bumdes di masing-masing desa,” ujarnya. (nto)

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.