Turunkan Tim Penjinak Bom dari Brimob Polda Jabar

Gali Kolam Lele, Warga Mangkubumi Temukan Mortir

1494
0
AMANKAN. Tim penjinak bom dari Brimob Polda Jawa Barat mengamankan satu buah mortir di lahan penggalian kolam ikan lele di Kampung Lewo Babakan Kelurahan Linggajaya Kecamatan Mangkubumi Kota Tasikmalaya, Senin (3/6). FOTO: Ujang Nandar / Radar Tasikmalaya

TASIK – Warga Kampung Lewo Babakan Kelurahan Linggajaya Kecamatan Mangkubumi Kota Tasikmalaya digegerkan dengan penemuan mortir dari penggalian lahan untuk kolam lele sedalam dua meter. Senin (3/6), tim penjinak bom sudah memastikan bahwa benda tersebut mortir asli.

Kapolsek Mangkubumi Ipda Agus Ferdi menerangkan, pihaknya baru mendapatkan laporan temuan satu buah mortir itu pada Senin (3/6) sekitar pukul 10.00. Setelah dicek petugas, mortir tersebut adalah mortir asli. “Yang ditemukan cuma satu buah sebesar botol,” ujar dia.

Polsek Mangkubumi berkoordinasi dengan Polres Tasikmalaya Kota untuk menurunkan tim penjinak bom Brimob Polda Jawa Barat. “Saat ini sudah diamankan untuk pemeriksaan lebih lanjut,” kata dia.

Agus belum mengetahui pasti apakah mortir yang ditemukan tersebut masih aktif atau tidak. Nantinya, mortir itu akan diteliti lalu dimusnahkan. Dia juga mengimbau bila masyarakat menemukan benda-benda aneh segara melaporkan ke pihak kepolisian.

Ketua RW 01 Lewo Babakan Yoyo S menceritakan, mortir itu sudah ditemukan sekitar dua minggu lalu ketika warga sedang menggali kolam ikan lele. Sebelum dilaporkan, mortir itu sempat dijadikan mainan oleh anak-anak setempat.

“Baru lapor hari ini (Senin). Penemu khawatir benda itu dijadikan mainan oleh anak-anak, sehingga saya lapor ke polsek,” ujar dia.

Sebelumnya, kata dia, tanah milik H Dudung tersebut merupakan lahan sawah lalu dijadikan kebun. “Kali ini katanya akan digunakan tempat beternak lele,” kata dia. (ujg)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.