Siapa calon Bupati Tasikmalaya pilihan anda?

0.1%

1.4%

83.5%

5%

0.5%

9.5%

Gali Potensi Siswa di Bidang Sains

13
0
MENGAJAR. Kepala dan guru SDN Bantarsari Kecamatan Bungursari memantau pembelajaran di kelas 5. FATKHUR RIZQI / RADAR TASIKMALAYA

TASIK – Sekolah Dasar Negeri (SDN) Bantarsari Kecamatan Bungursari Kota Tasikmalaya mengedepankan pembelajaran yang aktif dan menyenangkan. Hal ini untuk mendongkrak prestasi siswa khususnya di bidang Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA).

Kepala SDN Bantarsari Eha Julaeha SPd mengatakan suasana belajar yang menyenangkan akan mempengaruhi motivasi belajar siswa. Sehingga ia mengajak guru untuk kreatif dalam mengelola model pembelajaran.

“Targetnya siswa bisa meraih prestasi akademik di bidang MIPA khususunya, maupun prestasi non akademik,” katanya kepada Radar, Rabu (6/11).

SDN Bantarsari pernah menjadi juara 1 matematika pada ajang Olimpiade Sains Nasional (OSN) tingkat kecamatan. Targetnya bisa menjadi juara 1 di tingkat Kota Tasikmalaya.

Adapun dalam upaya mendongkrak prestasi MIPA, sambungnya, pada 15 menit pertama pembelajaran guru memberikan lima soal bangun ruang dengan mengisi bangun prisma dan mengisi bangun balok. Selain itu ada berbagai permainan yang berhubungan dengan sains.

“Tujuannya memberikan penyegaran dan menggali potensi siswa yang punya ketertarikan di bidang sains,” ujarnya.

Ia mengatakan, siswa yang mampu menguasai dasar-dasar MIPA bisa meningkatkan prestasi akademiknya, hasil UNBK pun biasanya terdongkrak.

Guru Pembina MIPA SDN Bantarsari Tati Halyani SPd menjelaskan dalam upaya mencapai prestasi di berbagai ajang lomba, pihaknya mencari bibit unggul lalu dibina secara maksimal. “Optimalisasi latihan agar siswa siap berkompetisi,” katanya. (riz)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.