Galian C Harus Izin ke Provinsi

555
0
Loading...

PARIGI – Ketua DPRD Kabupaten Pangandaran Iwan M Ridwan mengatakan semua galian C harus menempuh seluruh persyaratan perizinan ke Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat. Demikian pula dengan sektor pertambangan lainnya.

“Jelas harus ditempuh perizinannya ke provinsi. Karena saat ini kewenangannya ada di provinsi sementara mereka ada di wilayah kita,” ungkapnya kepada Radar saat ditemui di gedung DPRD, Rabu (18/4).

Sementara itu, terang Iwan, bila pemilik tanah sengaja meratakan bukit dan bebatuannya bukan untuk diperjualbelikan maka tidak termasuk pada pertambangan.

“Terkecuali kalau batu kapurnya dijual dan penggalian dilakukan secara terus menerus, maka masuk kategori tambang atau galian dan jelas itu harus menempuh izin,” jelasnya.

Menurut dia, jika galian tambang itu dilakukan di atas tanah desa juga harus menempuh izin terlebih dahulu.

Loading...

“Selama ini, ketika Komisi III turun alasannya sedang meratakan tanah untuk membuat rumah,” katanya.

Soal tidak adanya respons dari provinsi terkait surat permintaan penindakan galian C yang ilegal, kata dia, tidak mungkin sampai tidak direspons.

“Semuanya pasti direspons. Cuma apakah materialnya itu dibuang atau diambil untuk dijual,” terangnya.

Sementara terkait dengan dampak yang ditimbulkan dari perataan bukit itu, jelas Iwan, segala sesuatunya pasti ada risikonya.

“Itu pasti ada dampaknya dan bagi masyarakat silakan memberikan masukan ke kami terkait galian C itu,” jelasnya. (den)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.