Gambar Caleg di Angkot Akan Ditertibkan

35
RAPAT KERJA. Ketua Bawaslu Kota Tasikmalaya Ijang Jamaludin (dua dari kanan) bersama para komisioner Bawaslu saat Rapat Kerja Teknis di Hotel Santika Tasikmalaya Kamis (18/10).

Siapa Presiden Pilihan Mu ?

CIHIDEUNG – Hampir setiap kontestasi politik, angkot banyak di-branding dengan gambar caleg. Bawaslu akan menertibkannya. Mereka akan mencopot gambar tersebut karena dinilai melanggar aturan pemilu.

Ketua Bawaslu Kota Tasikmalaya Ijang Jamaludin mengatakan mobil yang bisa di-branding caleg masuk dalam kategori alat peraga kampanye. Karena fakta di lapangan dalam stiker kaca dipampangkan citra diri, berupa partai dan nomor urut. “Itu masuk kategori APK,” ungkapnya di sela Rapat Kerja Teknis Bawaslu Kota Tasikmalaya di Hotel Santika Tasikmalaya Kamis (18/10).

Dalam aturan pemilu, hanya dua mobil yang boleh di-branding caleg. Yaitu milik pribadi dan operasional partai. Selebihnya tidak boleh. Termasuk mem-branding angkot. “Angkot tidak boleh di-branding,” katanya.

Meskipun angkot tersebut milik caleg, kata Ijang, itu tidak bisa disebut milik pribadi. Karena pada dasarnya angkot merupakan layanan fasilitas umum yang dinaungi lembaga berbadan hukum. “Itu dibawah koperasi yang berbadan hukum, jadi tidak sepenuhnya milik pribadi,” terangnya.

Maka dari itu, angkot-angkot yang menampilkan senyum para caleg itu akan menjadi sasaran penertiban. Pihaknya terlebih dahulu akan menghimbau kepada para parpol untuk berkoordinasi dengan caleg.

“Kita akan beri kesempatan mereka mencopotnya sendiri, kalau tidak digubris baru kita tindak,” tuturnya.

Pihaknya sedang melakukan inventarisir data angkot dari berbagai trayek yang di-branding Caleg. Data sementara tercatat sebanyak 58 angkot di beberapa trayek dengan brand caleg yang berbeda-beda. “Tapi masih dalam proses inventarisir, jadi bisa bertambah bisa juga berkurang,” ujarnya.

Dalam upaya penertiban tersebut pihaknya sudah berkoordinasi dengan Dishub, Dinas Satpol PP dan Damkar, ketua jalur angkot dan berbagai pihak lain yang akan dilibatkan. (rga)

CALEG KITA

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.