Gandeng Pramuka untuk Awasi Pilgub Jabar

212
0
PEMBINAAN. Anggota Pramuka Kabupaten Tasikmalaya sedang menyimak materi tentang pengawasan Pilgub Jabar yang disampaikan anggota Panwaslu Ahmad Aziz Firdaus di Hotel Horison kemarin. foto: YANGGI F IRLANA/RADAR TASIKMALAYA

TASIK – Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) menggandeng Kwartir Cabang (Kwarcab) Pramuka Kabupaten Tasikmalaya dalam mengawasi Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Barat (Jabar) 2018. Hal itu dituangkan dalam MoU antara Panwaslu dan Kwarcab Pramuka di Hotel Horison kemarin (1/11).
Ketua Panwaslu Kabupaten Tasikmalaya Dodi Juanda mengatakan adanya keterbatasan sumber daya manusia (SDM) ditambah luas wilayah yang cukup jauh, akhirnya Panwaslu berienovasi dan bekerja sama dengan Kwarcab Pramuka dalam pengawasan partisipatif. Karena pramuka berada di mana-mana dan menyeluruh. “Mereka para pelajar penegak yang usianya sudah mempunyai hak pilih bisa menjadi mitra kita dalam pengawasan minimal di tempat tinggalnya dan berkoordinasi dengan panwascam untuk menciptakan pemilu yang berintegritas,” katanya.
Pengawasannya seperti indikasi kecurangan bisa langsung melaporkan kepada Panwascam sehingga bisa ditindaklanjuti laporan tersebut. “Saat ini baru setiap kecamatan dua orang anggota pramuka yang dilibatkan dalam pengawasan partisipatif,” terangnya.
Menurut dia, mereka saat ini diberikan bekal pengetahuan dan tata cara dalam pengawasan. Baik itu pelanggaran politik uang dan lainnya. Sehingga ketika mereka berada di lapangan bisa mengetahui dan membedakan mana yang pelanggaran dan bukan.
Ketua Harian Kwarcab Pramuka Kabupaten Tasikmalaya E Koswara mengapresiasi atas dilibatkannya pramuka dalam pengawasan partisipatif Pilgub Jabar 2018 sampai Pileg serta Pilpres. “Kita berada di setiap kecamatan dan siap ikut dalam pengawasan partisipatif pemilu,” bebernya.
Dengan ini, anak bisa menambah wawasan dan pencerahan terhadap peran serta di masyarakat. Kemudian sekaligus membantu juga dalam menyukseskan pemilu di berbagai tingkatan. “Pengawasan pelaksanaannya berada di bawah petunjuk dari panwaslu dan panwascam,” paparnya.
Anggota Pramuka Agung Muhamad Rijki mengapresiasi dengan kegiatan pengawasan partisipatif ini. Karena akan menjadi kepanjangan tangan dari panwaslu dalam melakukan pengawasan dan menyukseskan pilgub. “Tadi alhamdulillah ada pemberian wawasan terkait pengawasan harus sepereti apa dan menjadi bekal kita dalam melakukan pengawasan partisipatif,” bebernya. (yfi)

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.