Garda Terdepan Pembela Bangsa

281
0
foto-foto: Yana Taryana / Rakyat Garut LANTIK. Ketua Umum Gerakan Pemuda (GP) Ansor Yaqut Cholil Qoumas melantik 5.000 kader Ansor-Banser Kabupaten Garut di Alun-Alun Garut kemarin (18/11).

GARUT KOTA – Sebanyak 3.000 Kader Bantuan Ansor Serbaguna (Banser) dan 2.000 kader GP Ansor Kabupaten Garut masa bakti 2016-2020 dilantik Ketua Umum Gerakan Pemuda (GP) Ansor Yaqut Cholil Qoumas di Lapangan Otto Iskandardinata Jalan Ahmad Yani, Garut, Sabtu (18/11).
Yaqut mengatakan Banser merupakan garda terdepan pem­bela bangsa dalam mem­per­tahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). “Saya berharap agar tidak mudah terpancing isu menyesatkan, tentang radikalismne serta yang merusak kebhinekaan,” ujarnya kemarin.
Yaqut meminta Banser dan GP Ansor agar saling menjaga kekompakan dan mau meng­abdikan diri di tengah masyarakat. Karena anggota Banser akan terlibat aktif dalam berbagai ke­giatan sosial, pengamanan dan lainnya.
Bupati Garut Rudy Gunawan mengatakan Ansor NU dan masyarakat harus bersatu. Ka­rena jika ada gejolak sedikit saja di Garut, maka bisa ber­dampak kepada Jawa Barat dan Indonesia secara umum. “Kader-kader Banser dan GP An­sor dapat membantu dan mendukung pembangunan di Kabupaten Garut dan ikut serta menjaga Negara Ke­satuan Republik Indonesia (NKRI),” ujar Rudy dalam sambutannya.
Selain itu, Rudy juga ber­pesan agar Banser tetap sigap dan tegas dalam meng­awal per­juangan para ulama pe­nerus para Nabi dan siap membantu khus­usnya mas­ya­rakat Garut.
Ketua PC GP Ansor Kabupaten Garut Abdullah Badar me­ngatakan dengan pelantikan ter­sebut, pihaknya berharap Banser bisa semakin istikamah dalam pergerakan dan lebih kuat dalam keikutsertaannya menjaga kiai dan NKRI. Pihaknya juga berharap, Banser menjadi kader mandiri dan siap bersama-sama mendukung pemerintah Kabupaten Garut. “Setelah dilantik ini diharapkan bisa menjadi kader yang lebih kuat dan kokoh dalam ber-Ansor banser, istikamah dalam pergerakan dan lebih kuat dalam menjaga NKRI dan ikut serta melestarikan dan menyebarkan akidah Aswaja,” ujarnya.
Tak kalah penting, kata Badar, keberadaan Banser diharapkan bisa membantu masyarakat. Terutama jika ada bencana seperti banjir dan lain-lain. (yna/adv)

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.