Garsela Jadi DOB, Pariwisata Maju

92
0
Stevano Ariston M

TAROGONG KIDUL – Pembentukan Daerah Otonomi Baru (DOB) Garut Selatan (Garsela) bisa menjadi angin segar bagi para pelaku pariwisata di Kabupaten Garut. Seperti yang diungkapkan Ketua Ikatan Travel Agen Garut (ITGA) Stevano Ariston Mua.

Menurut dia, potensi wisata di wilayah Garut Selatan akan lebih berkembang ketika adanya pemekaran wilayah. Sebab pengembangan pariwisata akan lebih diperhatikan. “Sekarang memang sudah mulai ada pembenahan, tetapi belum maksimal,” Stevano saat dihibungi Rakyat Garut, Jumat (22/3).

Menurut dia, kurangnya pembenahan tempat pariwisata membuat kunjungan wisatawan ke objek wisata di selatan Garut masih kurang. Faktor lain yang mempengaruhi kurangnya wisatawan, kata dia, selain aksesnya jauh, juga kondisi infrastruktur menjuju objek wisata. Hal tersebut menjadi keluhan wisatawan.

Beda halnya ketika Garut selatan ini menjadi DOB, potensi pariwisata kemungkinan bisa dikembangkan. “Lihat saja contohnya Pangandaran. Dulu ketika bergabung dengan Ciamis hanya wisata pantai saja, sekarang objek wisata banyak yang bisa dikunjungi,” terangnya.

Hal ini, kata dia, bisa terjadi di wilayah Garut Selatan. Sebab potensi alamnya hampir sama dengan Pangandaran. “Potensi alam untuk dijadikan tempat wisata di selatan itu sangat banyak. Selain pantai, ada juga air terjun, gunung dan yang lainnya,” katanya.

Jika potensi alam tersebut dikembangkan dan menjadi tempat tujuan wiasata, maka akan menyedot wisatawan lokal maupun mancanegara datang ke Garut Selatan. “Dampaknya sangat baik bagi para pelaku wisata seperti kami ini. Jadi kami mendukung sekali adanya pemekaran ini,” katanya.

Dia berharap rencana pemekaran wilayah secepatnya direalisasikan. Selain akan memajukan wilayah selatan, kesejahteraan masyarakatnya juga akan meningkat. “Kalau destinasi wisata banyak dibuka dan pengunjungnya banyak, otomatis selain bisa meningkatkan PAD juga berdampak pada kesejahteraan masyarakat juga,” paparnya.

Maka dari itu pihaknya berharap pemerintah daerah maupun anggota dewan terus mendorong kepada pemerintah pusat supaya Garut Selatan dimekarkan. “Lebih cepat, lebih baik. Karena pemekaran wilayah ini harus disegerakan,” terangnya. (yna)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.