Garsela Sudah Siap Jadi Daerah Otonomi Baru

30
Dedi Kurniawan

GARUT KOTA – Presidium Pemekaran Garut Selatan (Garsela) terus melakukan berbagai langkah dalam mempercepat pembentukan Daerah Otonomi Baru (DOB). Salah satunya, terus melakukan lobi dan pendekatan politik terhadap DPRD, Pemkab Garut dan Pemprov Jabar.

“Kita siang malam terus koordinasi dengan semua pihak, baik itu DPRD maupun Pemda Garut dan provinsi,” ujar Ketua Presidium Garut Selatan Dedi Kurniawan saat dihubungi Rakyat Garut, Jumat (15/3).

Selain lobi politik, pihaknya juga saat ini terus mendampingi Pemkab Garut dan desk DOB dalam mempersiapkan calon lokasi ibu kota Garsela. “Sekarang sudah ada 228 hektare lahan di Kecamatan Mekarmukti untuk lokasi ibu kota Garut Selatan ini,” katanya.

Lahan yang sudah ada, kata dia, merupakan hasil kerja keras Presidum Garsel dalam mempersiapkan terbentuknya DOB Garut Selatan. “Kami juga sudah mendorong Pemkab Garut untuk membuat pendopo dan insyaallah tahun ini pendopo akan dibangun,” terangnya.

Dia menerangkan pendopo dalam jangka dekat akan dijadikan tempat penerima tamu kepala daerah maupun provinsi ketika berkunjung ke wilayah Garut Selatan. “Pendopo ini nanti akan dijadikan kantor bupati sementara ketika Garsel sudah jadi DOB,” terangnya.

Selain itu, pihaknya juga terus memberikan kajian kepada pemerintah daerah dalam peningkatan status jalan di wilayah Garut Selatan. Yang tadinya jalan kabupaten menjadi jalan provinsi dan jalan provinsi menjadi jalan nasional. “Kami beri kajian itu untuk meringankan beban pemerintah daerah ketika dilakukan pemekaran,” katanya.

Mengenai infrastruktur awal ketika dijadika DOB, Dedi menerangkan sudah disiapkan. Saat ini, pihaknya sudah mengidentifikasi kantor-kantor milik pemerintah di Garsela yang nanti akan dijadikan kantor dinas sementara. “Di Garut Selatan itu ada 4.500 personel PNS yang nanti akan dijadikan pelayan awal kepada masyarakat,” terangnya.

Karena itu, kata dia, Garut Selatan menjadi sudah siap menjadi DOB, baik itu infrastruktur maupun sumber daya manusia (SDM). “Intinya kami sudah siap semua. Masyarakat Garut Selatan juga ingin secepatnya (dimekarkan),” katanya.

Dedi menambahkan Presidium Garsel juga sudah menyerahkan blue print pembangunan Garut Selatan. Sehingga, ketika nanti Garut Selatan dimekarkan dan menjadi DOB, pembangunannya sudah terkonsep dengan baik. “Kami tidak ingin hanya sekadar memekarkan saja, tetapi kami ingin DOB Garsel ini bisa menjadi daerah baru percontohan bagi daerah lain di Jawa Barat khususnya,” paparnya. (yna)

loading...
BERBAGI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.