Garuda Pastikan Tak Naikkan Harga Tiket

27
0

JAKARTA – Garuda Indonesia memastikan tidak ada kenaikan harga tiket selama masa angkutan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020. Harga tiket masih normal seperti hari biasa.

Hal itu disampaikan Direktur Niaga PT Garuda Indonesia (Persero) Pikri Ilham Kurniansyah. “Iya, tidak ada kenaikan harga selama Natal 2019 dan Tahun Baru 2020,” ujarnya di Jakarta Selasa (26/11).

Dia menuturkan, pihaknya tidak asal saja menaikkan harga tiket. Apalagi pemerintah telah mengeluarkan kebijakan dalam peraturan menteri terkait tarif batas atas (TBA).

Diingatakan juga, untuk travel untuk tidak mengambil kesempatan dalam dua moment tersebut dengan menaikkan harga. Sebab tidak segan-segan pihaknya akan mem-blacklist travel tersebut.

“Sekali lagi kita tegaskan tidak ada kenaikan. Kami juga tegaskan airlines manapun tidak boleh jual dari tarif batas atas. Kalau ada travel agen menjual di atas ketentuan kita, kita akan blacklist,” kata dia.

Sampai saat ini masih terjadi kesalahapahaman masyarakat soal harga tiket mahal dan melebihi TBA bahwa ditentukan oleh pemerintah. Padahal ditentukan oleh maskapai itu sendiri.

Dia menjelaskan, hitungan-hitungan kenaikan harga tiket berdasarkan tiga hal. “Harga tiket itu sendiri, biaya oprasional Airport Tax atau Passenger Service Charge dan pajak penghasilan (PPn),” tutur dia.

Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Nailul Huda mengatakan, mengapresiasi pihak Garuda yang tidak mengambil kesempatan pada momen tersebut.

“Tentu saja tidak perlu menaikkan harga tiket, karena sudah mahal terlebih dahulu,” ujar Huda.

Sebelumnya, di saat rapat kerja di Gedung DPR/MPR RI Jakarta Rabu (13/11), Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi diingatkan agar harga tiket tidak melambung tinggi. Seperti diketahui, sejak akhir 2018 lalu, maskapai penerbangan Indonesia beramai-ramai menaikkan harga tiket perjalanan domestik. (din/fin)

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.