Garut Terima 12.200 Vaksin Covid-19

17
0
VAKSIN. Pemerintah Kabupaten Garut menerima vaksin dari Pemprov Jawa Barat Selasa (26/1). Vaksin tersebut disimpan di gudang Dinas Kesehatan Garut. Yana Taryana / Rakyat Garut
Loading...

TAROGONG KIDUL – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut mulai menerima pendistribusian vaksin Covid-19 dari Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat, Selasa (26/1).

Vaksin produk Sinovac tersebut langsung disimpan di gudang Dinas Kesehatan dengan pengawalan aparat kepolisian.

Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Garut Benny Bachtiar mengatakan jumlah vaksin yang diterima pada tahap awal sebanyak 12.200 dosis. Vaksin akan diprioritaskan untuk tenaga kesehatan (nakes), pejabat Pemkab Garut dan Forkopimda. “Tahap pertama itu Forkopimda dulu, setelah itu nakes,” katanya.

Baca juga : Aktivitas Pesantren di Bungbulang Garut Dihentikan

Benny menerangkan untuk tahap pertama, penyuntikan vaksin akan dilaksanakan 1 Februari 2021. Targetnya Forkopimda. “Kalau nakes akan kita lakukan pada 3 Februari pelaksanaannya. Lalu dilanjutkan yang lainnya,” terangnya.

loading...

Menurut dia, dalam vaksinasi pihaknya mengutamakan pejabat publik dan tenaga kesehatan, karena berada di garda terdepan penanggulangan Covid-19.

“Jadi kita prioritaskan di garda terdepan dulu, baru masyarakat umum,” terangnya. Benny menerangkan kuota vaksin yang saat ini didistribusikan ke Garut sudah mencukupi untuk vaksinasi tahap pertama.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Garut Leli Yuliani mengatakan total terdapat sekira 6.000 nakes. Seluruh nakes akan mendapatkan vaksin pada tahap awal. Namun, pengecualian untuk nakes yang pernah terkonfirmasi positif Covid-19.

Secara keseluruhan, warga Kabupaten Garut yang menjadi prioritas sasaran vaksinasi berjumlah 3,6 juta jiwa. Pelaksanaan vaksinasi itu akan dilakukan dalam beberapa tahap. “Namun pengirimannya akan dilakukan tergantung ketersediaannya di pusat,” paparnya. (yna)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.