Gas Elpiji Meledak, Muranah Terbakar

182
0
TERBAKAR. Tubuh Muranah (73) melepuh akibat tersambar api dari kompor gas. Senin (28/1), kondisinya sudah membaik. Istimewa

CIAMIS – Jangan mengoprek kompor gas dengan cara yang tidak benar. Bisa-bisa meledak. Seperti halnya yang dialami oleh Muranah (73), warga di Lingkungan Bangunsari RT 01 RW 05 Kelurahan Benteng Kecamatan.

Kompor gas yang dipakai Muranah memasak air tiba-tiba meledak pada Minggu (28/1) sekitar pukul 05.00. Ledakan si jago merah itu menyambar Muranah hingga mengalami luka bakar di sekujur tubuhnya sekitar 70 persen.

Ketua Taruna Siaga Bencana (Tagana) Kabupaten Ciamis Ade Waluya menerangkan ledakan api itu berasal dari regulator yang longgar. Regulator itu longgar lantaran memakai pemberat berupa cobek. “Jadi regulatornya bocor,” kata dia kepada Radar, Senin (28/1).

Dalam peristiwa itu, api tidak merembet ke seluruh ruangan. Hal tersebut karena menantu korban, Dina berhasil menutup api di tabung gas dengan handuk basah. Adapun korban sudah dirawat di rumah saudaranya, Yayah di Dusun Cimandala Kelurahan Benteng Kecamatan Ciamis dengan mendatangkan seorang mantri, Agus. Kondisi korban sudah membaik.

Kader Program Keluarga Harapan (PKH) Ciamis Tri menyatakan sudah meninjau kondisi rumah Muranah (73) usai kebakaran. “Saya kasihan kepada korban karena hampir seluruh tubuhnya luka bakar. Semoga korban bisa sembuh,” kata dia.

Sementara itu, pada Senin (28/1) sekitar pukul 09.00, keba­karan juga terjadi di rumah semi permanen milik Kohir (50) di Dusun Dayeuhdatar RT 11 RW 03 Desa Nagarapageuh Ke­camatan Panawangan. Api di­duga berasal dari korsleting lis­trik. “Kita ketahui kerugian kor­ban sekitar 15 juta, kini kor­ban mengungsi di rumah sau­daranya,” tutur Ade. (isr)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.