Gawang Alisson Bobol Juga

9
0
Alisson Becker

CATATAN clean sheet penjaga gawang Brasil Alisson Becker terhenti di babak final Copa America 2019 yang mempertemukan Brasil melawan Peru. Di partai penutup itu, gawang Alisson Becker untuk pertama kalinya akhirnya bobol.

Pemain yang berhasil mengoyak jalan Alisson Becker adalah pemain gaek Peru Paolo Guerrero. Gol itu terjadi di menit 44 lewat eksekusi penalti setelah Thiago Silva divonis handball oleh wasit. Guerrero yang ditunjuk sebagai eksekutor berhasil menjalankan tugasnya dengan sangat baik.

Satu gol yang dicetak Peru lewat penalti Paolo Guerrero adalah satu-satunya gol yang bersarang di gawang Brasil yang dijaga Alisson sepanjang turnamen ini. Tapi ini tidak termasuk babak adu penalti.

Alisson akhirnya kebobolan setelah 889 menit clean sheet di semua kompetisi. Ini bukan cuma bersama Brasil, namun juga klubnya Liverpool. Sebelum ini, terakhir kali Alisson kebobolan saat laga Premier League melawan Newcastle pada 4 Mei 2019 lalu.

Gol Newcastle ke gawang Liverpool yang dijaga Alisson dalam laga itu dicetak oleh Salomon Rondon pada menit 54. Saat itu Liverpool menang 3-2. Sejak itu, tak ada lagi gol yang bersarang di gawang Alisson, sampai menit 44 melawan Peru di Maracana.

Sementara itu striker veteran Peru Paolo Guerrero yang sukses membobol gawang Alisson Becker membawanya menjadi pencetak gol terbanyak bersama pemain Brasil Everton Soares dengan tiga gol. Sayangnya, trofi top scorer diberikan kepada Everton, karena menit bermainnya lebih sedikit daripada Guerrero.

Bagi Guerrero, ini adalah ketiga kalinya dia mencetak gol terbanyak di Copa America. Sebelumnya, bomber 35 tahun Peru itu juga finis sebagai yang tertajam di edisi 2011 dan 2015. Sebelumnya, cuma ada satu pemain yang pernah tiga kali menjadi pencetak gol terbanyak Copa America. Pemain itu adalah Pedro Petrone dari Uruguay, yang melakukannya di edisi 1923, 1924 dan 1927.

Guerrero menjadi pencetak gol terbanyak Copa America 2015 dengan torehan lima gol, dan Peru jadi juara tiga. Guerrero menjadi pencetak gol terbanyak Copa America 2015 bersama Eduardo Vargas dari Chile dengan torehan masing-masing empat gol, dan Peru juga finis juara tiga. Kali ini, selain mencetak gol terbanyak, Guerrero juga mengantarkan Peru jadi runner up.(wsa/fin)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.