Hanya untuk Warga Kabupaten Tasik
SIAPA BUPATI & WAKIL BUPATI PILIHAN ANDA?

3.1%

19.8%

7.3%

69.7%

Gaya KPU Kabupaten Tasik, Ngaronda Sambil Sosialisasikan Pilkada

137
0
SOSIALISASI PILKADA
Ketua KPU Kabupaten Tasikmalaya, Zamzam Zamaludin SP Menyosialisasikan Pilkada saat Isi Acara Ngaronda. foto: radika robi/ radartasikmalaya.com

LEUWISARI – Komunitas Pemuda Ciawang kembali melaksanakan program Ngaguar Obrolan Budaya Sunda (Ngaronda) di Ciawang Leuwisari. Kali ini mereka membahas terkait sosialisasi Pilkada di Kabupaten Tasikmalaya 2020.

Tamu yang diundang Ketua Komisi Pemelihan Umum (KPU) Kabupaten Tasikmalaya dan beberapa Hansip.

Ketua KPU Kabupaten Tasikmalaya, Zamzam Zamaludin SP mengungkapkan, sangat mengapreasi kegiatan Ngaguar Obrolan Sunda yang dilaksanakan Komunitas Pemuda Ciawang Leuwisari ini.

“Saya mengucapkan terimakasih dapat diundang dan bisa menyampaikan pemahaman tentang pilkada nanti melalui acara ini,” ujarnya kepada Radar, Senin (03/08).

Zamzam mengatakan, saat ini KPU sedang melaksanakan persiapan Pilkada yang akan digelar pada tanggal 9 Desember tahun 2020.

Dan sampai saat ini, pihaknya sedang melaksanakan pemuktahiran data pemilih.

Terutama untuk pencocokan data pemilih, ini untuk memastikan bahwa warga Tasikmalaya yang memenuhi syarat sebagai pemilih masuk ke dalam data pemilih.

Selain itu, pihaknya terus menyosialisasikan terkait Pilkada di Kabupaten Tasikmalaya dengan berbagai macam cara.

Tantangan saat ini, kaya dia, di tengah wabah covid-19 berharap warga Tasik tahu akan pelaksanaan Pilkada.

Terutama nanti pemungutan suara di tanggal 9 Desember, dan itulah langkah-langkah yang sedang dilakukan.

“Dalam pelaksanaan Pilkada harus melaksanakan protokol kesehatan. Para petugas dilengkapi dengan Alat Pelindung Diri (APD) untuk memastikan bahwa itu memutus penyebaran corona,” ungkap Zamzam.

“Setiap kegiatan dalam pelaksanaan tahapan Pilkada, juga harus memperhatikan dan melaksanakan protokol kesehatan,” sambungnya.

Sementara itu, Opay Hambali Tokoh Pemuda Ciawang mengatakan, masyarakat Desa Ciawang khususnya RT 15 RW 04 mengucapkan terimakasih atas sosialisasi yang telah disampaikan oleh KPU Kabupaten Tasikmalaya.

“Masyarakat jadi tahu kapan pelaksanaan, tatacara dalam situasi pendemi ini. Lalu tau kapan pendaftaran calon ke KPU, sehingga kita dan masyarakat lebih siap menghadapi pilkada tersebut,” ujarnya.

Kata Opay, pihaknya menggagas tema The Hansip, dikarenakan hansip merupakan garda terdepan dalam keamanan dan ketentraman desa.

Tetapi terkadang selalu memandang sebelah mata, bahkan menganggap tidak ada fungsinya.

“KPU pun sadar bahwa hansip atau Linmas yang menjadi salah satu item Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) yang punya tanggung jawab besar pelaksanaan pemilu,” ungkapnya.

Opay mengungkapkan, kalau dulu hansip sangat memiliki peran penting dalam keamanan masyarakat, akan tetapi seiring zaman modern profesi hansip menjadi mengecil bahkan dipandang sebelah mata.

Namun, kata dia, untuk sekarang dalam Pilkada, hansip dilibatkan dalam pengamanan Tempat Pemungutan Suara (TPS) dan diperhatikan oleh pemerintah akan profesi sebagai hansip.

“Saya mengapresiasi KPU yang telah mengangkat harkat martabat hansip atau Linmas sebagai orang hebat pada KPPS disetiap TPS. Pasalnya hansip memiliki dedikasi dan loyalitas yang sangat tinggi meskipun digaji seikhlasnya, namun komit terhadap profesinya,” kata Opay menambahkan.

(radika robi)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.