Siapa calon Bupati Tasikmalaya pilihan anda?

0.8%

8.8%

2.5%

26.3%

2.6%

49.9%

0.1%

9.1%

0%

Geliat Wisata di Goa Cilalay

58
0
BERWISATA. Para pengunjung tengah berenang di kawasan Goa Cilalay di Dusun Karanganyar, Desa/Kecamatan Cigugura. foto-foto nana suryana / radar tasikmalaya
BERWISATA. Para pengunjung tengah berenang di kawasan Goa Cilalay di Dusun Karanganyar, Desa/Kecamatan Cigugura. foto-foto nana suryana / radar tasikmalaya

PANGANDARAN juga kaya dengan destinasi wisata goa dan sungai. Batuan kars di sejumlah wilayah dengan kontur geografis perbukitan membentuk sejumlah aliran sungai dengan karakter yang khas.

Di Dusun Karanganyar, Desa/Kecamatan Cigugura ada sebuah sungai yang mengalir ke dalam batuan kars berbentuk sebuah goa.

Tempat itu yang dulunya terabaikan, kini mulai dimanfaatkan masyarakat menjadi destinasi wisata. Aliran sungai yang jernih dari dalam goa, serta keindahan stalaktit dari dinding goa menjadikan tempat ini layak dikunjungi.

Saat ini, masyarakat yang tergabung dalam Karang Taruna desa setempat mulai mengelola Goa Cilalay, menyediakan jaket pelampung hingga menjadi pemandu warga yang ingin menikmati sungai di dalam goa dengan cara rafting.

Goa Cilalay berjarak sekitar 35 kilometer dari pantai Pangandaran, bisa ditempuh sekitar satu jam perjalanan. Rutenya menuju arah Kecamatan Parigi, kemudian melewati jalan raya Cigugur menuju perempatan Ciwangkal belok kanan ke arah Goa Cilalay. Dari Ciwangkal ke Cilalay jaraknya sekitar tiga kilometer. Sebagian jalan kondisinya memang masih rusak.

“Kami memang baru mengelolanya menjadi destinasi wisata di desa kami. Alhamdulillah disambut antusias masyarakat, bahkan sudah ada beberapa pengunjung datang dari luar daerah,” tutur Jenjen, Ketua Karang Taruna Desa Cigugur.

Dikatakannya, selain kejernihan air dan pemandangan alamnya yang masih alami, Goa Cilalay sangat unik karena aliran sungai berada di dalam goa yang cukup panjang.

“Aktivitas yang bisa dilakukan wisatawan di sini yaitu body rafting. Ada dua goa yang bisa disusuri yaitu jalur utama sepanjang 500 meter, dan Goa Parat sepanjang 200 meter,” ujarnya.

Pihaknya saat ini menyediakan jaket pelampung dan jasa pemandu sehingga pengunjung tidak perlu takut, meskipun tidak bisa berenang. Kedalaman sungai juga bervariasi dan cenderung berarus landai sehingga tidak membahayakan.

“Di dalam goa pengunjung juga bisa melihat pemandangan stalaktit serta menghirup udara yang segar,” kata dia.

Para pengunjung juga dapat bersantai di luar maupun sekitaran mulut goa, di sana terdapat telaga yang membentuk cekungan dengan kedalaman bervariasi. Airnya yang jernih membuat ikan-ikan kecil penghuni Goa Cilalay dapat dengan mudah dilihat.

“Goa Cilalay ini baru dibuka asal Juni lalu, kita terus berbenah menambah fasilitas agar pengunjung yang datang semakin nyaman,” ujarnya.

Namun demikian, pihaknya belum menetapkan tarif masuk ke destinasi wisata tersebut, pengunjung hanya dikenakan tarif sewa jaket pelampung seharga Rp 10.000.

“Untuk jasa pemandu wisata juga tidak kita tarif, sukarela saja, karena kita belum ada aturan yang legal,” kata dia.

 

Untuk promosi wisata, pihaknya hanya mengandalkan media sosial. Namun demikian, selain pengunjung lokal, sejumlah turis asing juga mulai ada yang berkunjung.

“Ya memang baru sebatas di media sosial saja, tapi sudah banyak yang datang dari luar desa kami, termasuk wisatawan dari luar kota, bahkan turis asing,” ujarnya.

Ade (39), salah seorang pengunjung asal Kecamatan Parigi mengaku sangat menikmati kunjungan ke Goa Cilalay. Menurutnya, kawasan tersebut sangat berpotensi untuk dikembangkan menjadi destinasi baru.

“Tempatnya sangat bagus, punya ciri khas tersendiri, bisa berenang, rafting ke dalam goa dan pemandangan indah, benar-benar membuat fresh,” katanya.

Menurutnya, akses jalan di beberapa kilometer mendekati lokasi yang rusak, terbayar dengan keindahan dan kesejukan di kawasan goa Cilalay.

“Memang masih ada akses jalan yang rusak ya seperti di perkampungan pada umumnya, mudah-mudahan ke depan bisa cepat diperbaiki, saya yakin jika dikelola dengan baik bisa menjadi destinasi alternatif yang menjadi pilihan wisatawan, tidak hanya main di pantai,” kata dia. (nay)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.