Geliatkan Film Berbahasa Sunda

36

Siapa Presiden Pilihan Mu ?

TAWANG – Rumpun Film Dewan Kesenian Kota Tasikmalaya (DKKT) mengadakan Pasanggiri Film Basa Sunda di Gedung Kesenian Kota Tasikmalaya (GKKT), Minggu (4/11) malam. Melalui event tersebut mereka ingin melindungi Bahasa Sunda.

Ketua Rumpun Film Rian Bungsu mengatakan Pasanggiri Film Basa Sunda merupakan sebuah festival atau lumba yang dibuka untuk tingkat Jawa Barat. “Malam ini merupakan acara puncaknya yakni penganugerahan Pasanggiri Film Basa Sunda,” ujar dia kepada Radar, tadi malam.

Menurut dia, film yang ditampilkan kali ini bertema bebas. Asalkan menggunakan Bahasa Sunda. Adapun tema yang paling banyak yakni isu sosial. “Kebanyakan memang sisi sosial yang diangkat dalam Pasanggiri Film Basa Sunda ini,” tuturnya.

Melalui kegiatan tersebut, Rian ingin menyemangati komunitas pembuat film di Tasikmalaya agar lebih inovatif. Di samping sebagai upaya mempertahankan Bahasa Sunda yang baik dan benar. “Festival film berbahasa Sunda ini merupakan yang pertama di dunia,” klaimnya.

Ketua DKKT Bode Riswandi mengatakan kegiatan tersebut bagian dari rangkaian Kibar Budaya Jilid IV. Kali ini momen penganugerahan setelah pemutaran film pendek dilaksanakan beberapa hari. “Ini sebuah geliat kreativitas teman-teman sineas ini terus berkembang,” ujar dia.

Bode berharap film pendek berbahasa Sunda itu terus berkembang dan melahirkan karya-karya lebih kreatif. (ujg)

CALEG KITA

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.