Hanya untuk Warga Kabupaten Tasik
SIAPA BUPATI & WAKIL BUPATI PILIHAN ANDA?

4%

19.6%

8.1%

68.3%

Gelombang Tinggi di Kawasan Pantai Cipatujah Tasikmalaya

341
0
ISTIMEWA MULAI PASANG. Ombak di Pesisir Pantai Cipatujah Pamayangsari mulai pasang dan membuat nelayan tidak melaut, Kamis (13/8).

CIPATUJAH – Sepanjang pesisir pantai selatan termasuk di Cipatujah sepekan ini mulai terjadi gelombang tinggi dan pasang, Kamis (13/8).

Gelombang tersebut disebabkan oleh pertukaran musim dari hujan ke kemarau. Para nelayan pun saat ini berhati-hati saat melaut.

Baca juga : Penanganan Pasien Covid-19 di Kota Tasik Difokuskan di RSUD

Bahkan perahu dan perlengkapan alat tangkap ikan milik nelayan sudah mulai dievakuasi ke tempat yang lebih aman agar terhindar dari terjangan ombak.

Kasat Polairud Polres Tasikmalaya AKP Qomarudin mengatakan, para nelayan di pesisir selatan baik Cikalong dan Cipatujah sudah diminta waspada dengan cuaca saat ini.

“Dalam sepekan ini menurut BMKG gelombang tinggi bisa terjadi kapan saja. Kami terus melakukan tatap muka kepada warga pesisir maupun nelayan untuk memberikan arahan agar berhati-hati jika akan melaut,” ujar Qomaruddin kepada Radar, Kamis (13/8).

Menurut dia, mulai Kamis (13/8) cuaca tidak menentu jelang pergantian musim hujan ke kemarau di sepanjang pantai selatan. Saat ini gelombang sudah mulai tinggi sekitar dua meter dan sampai ke pesisir.

“Ketika gelombang pasang lebih dari tiga meter, kami sudah ingatkan para nelayan untuk tidak melaut. Termasuk kepada pengelola wisata dan pemilik warung agar tidak beraktivitas ketika gelombang pasang,” kata dia.

Pengunjung atau wisatawan, tambah dia, juga diimbau untuk tidak berenang atau bermain di bibir pantai untuk sementara waktu, ketika nanti gelombang atau ombak terus pasang.

“Kemungkinan akhir pekan ini, dikhawatirkan akan ada peningkatan gelombang di perairan selatan Tasikmalaya antara empat sampai enam meter atau kategori tinggi,” tambah dia.

Ketua Nelayan Pamayangsari Cipatujah Sana Sopyana mengungkapkan, bahwa kondisi ombak di Pantai Cipatujah memang belum terlalu tinggi, namun tanda-tanda pasang sudah mulai terlihat karena air sudah naik dan ombak cukup besar sekitar dua meter.

Baca juga : 2 Warga Kawalu Kota Tasik Isi Dompetnya Ratusan Butir Pil Hexsimer, Ditangkap Polisi

“Biasanya kami kalau gelombang pasang tinggi sampai tiga meter ke atas tidak berani melaut, karena akan membahayakan. Perahu bisa terbalik dan membahayakan keselamatan jiwa,” tutur dia.

Sana menambahkan, sebagian perahu dan perlengkapan alat tangkap ikan oleh nelayan sudah mulai dipindahkan ke tempat lebih aman. “Takut rusak ketika gelombang pasang sampai ke pesisir, perahu bisa rusak,” kata dia. (dik)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.