Gelorakan Koin NU untuk Umat

43

SINGAPARNA – Lembaga Amil Zakat Infaq dan Shadaqoh Nahdlatul Ulama (Lazisnu) Kabupaten Tasikmalaya menginisiasi kemandirian dalam gerakan koin NU untuk umat. “Kami mengajak kepada masyarakat secara luas untuk mendermakan sebagian hartanya bagi kemaslahatan umat,” ujar Ketua Lazisnu Kabupaten Tasikmalaya, Drs Usep Hadaibi MSi kepada Radar, Kamis (25/4).

Kata dia, gerakan ini merupakan upaya membawa warga NU mandiri mengelola dana umat. Sebagai realisasi dari gerakan ini, Lazisnu bergerak masif guna menyosialisasikan program unggulan, laporan penyaluran dan ajakan untuk zakat, infaq serta sedekah melalui Lazisnu. “Nantinya koin NU ini untuk menolong atau membebaskan fakir miskin dari lilitan utang. Termasuk memberikan modal kerja dengan sistem ekonomi syariah atau BMT,”paparnya.

Kemudian, kata dia, dana ini juga bisa digunakan untuk pembiayaan pengobatan dan pengurusan jenazah sampai biaya tahlilan kepada keluarga miskin dan memberikan biaya pendidikan bagi santri miskin minimal sampai sarjana.

“Target dari Lazisnu sendiri yaitu membebaskan 1.000 fakir miskin, mendirikan 40 BMT, mendirikan Rumah Sakit Nahdlatul Ulama serta mendirikan universitas NU atau mendorong PT yang ada menjadi Universitas,” terangnya.

Mekanisme pengumpulannya, kata dia, Lazisnu menyimpan kotak infak yang disingkat menjadi Koin di setiap rumah. Dalam jangka waktu yang sudah ditentukan, akan ada penarikan oleh petugas yang telah diberi SK oleh Lazisnu Kabupaten Tasikmalaya. “Diharapkan dengan adanya gerakan koin NU ini dapat terkumpulnya donasi yang melimpah dan berkah sehingga memperlancar pelaksanaan dan terwujudnya program NU dari tingkat ranting sampai cabang,” pungkasnya. (obi)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.