Gema Madani 2018 Habiskan Rp 14 Miliar

41

BUNGURSARI – Pemerintah Kota (Pemkot) Tasikmalaya mengevaluasi program Gema Madani 2018 di Gedung Serbaguna Kompleks Bale Kota, Kamis (14/3). Program tersebut telah menghabiskan Rp 14 miliar dari kucuran dana sebesar Rp 10 miliar.

Wali Kota Tasikmalaya Drs H Budi Budiman menilai partisipasi masyarakat dalam menyukseskan program Gema Madani 2018 sangat bagus. Buktinya, dara dana awal yang digelontorkan pemkot sebesar Rp 10 miliar, ada anggaran tambahan dari para donatur. Makanya, implementasi penggunaan anggaran Gema Madani bisa mencapai Rp 14 miliar. “Artinya, di sana sudah timbul kepedulian dan kebersamaan masyarakat. Sebab, program ini spiritnya adalah membangun pemberdayaan masyarakat serta partisipasi masyarakat sendiri,” ujar wali kota usai menghadiri sosialisasi program Gema Madani Simpati Tahun Anggaran 2019.

Menurutnya, pada 2018, pemkot mengalokasikan Rp 150 juta di setiap kelurahan. Program yang dilaksanakan menyentuh bidang infrastruktur, ekonomi, sosial dan budaya.

“Tak hanya fisik dan ekonomi saja, ke depan bagaimana kita pikirkan membangun kampung madani. Untuk concern menggenjot pembangunan sosial budaya di masyarakat, kita harap di program itu masyarakat kembali berpartisipasi dan gotong-royong,” ucapnya.

Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Setda Kota Tasikmalaya H Nasihin menjelaskan untuk 2019, program tersebut terbagi menjadi tiga bagian. Yakni I-Fakem (infrastruktur ekonomi), I-Fasring (infrastruktur lingkungan) dan I-Fosbud (infrastruktur sosial budaya).

“Program Gema Madani Simpati, sifatnya bottom-up, di mana masyarakat mengusulkan ke pemkot dan masyarakat sendiri nantinya yang mengimplementasikan program tersebut,” tuturnya.

Dia berharap pemkot bisa kembali meraih penghargaan Top 99 Inovasi Pelayanan Publik dari Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB). Prestasi tersebut pernah diraih pada 2017.

“Di mana Pemkot melalui beragam inovasi salah satunya program ini, mendapat Penghargaan Inagara Award dari Lembaga Administrasi Negara (LAN) RI. Termasuk penghargaan Top 99 dari Menpan RB,” kata dia. (igi)

loading...
BERBAGI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.