Gempa Potensi Tsunami di Pandeglang Guncang Tasik, Ini Kata Warga Cipatujah..

109

CIHIDEUNG – Getaran gempa bumi kembali terasa di wilayah Priangan Timur, Jawa Barat, khususnya di Kota Tasikmalaya sekitar pukul 19.05 WIB.

Informasi yang radartasikmalaya.com himpun, pusat gempa itu terdapat di Kecamatan Sumur, Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten.

Berdasarkan laman resmi www.bmkg.go.id, gempa ini adalah peringatan dini tsunami untuk wilayah Provinsi Banten, Bengkulu, Jawa Barat, dan Lampung.

Rincian getaran gempa ini adalah 7.4 magnitudo, kedalaman 10 kilometer, dengan titik lokasi 7.54 LS dan 104.58 BT, 147 kilometer barat daya Sumur-Banten.

BMKG pun menyarankan dalam laman resminya informasi ini untuk diteruskan kepada masyarakat dengan arahan mengikuti arahan peringatan dini tsunami dari BPBD setempat, BNPB dan BMKG.

Sementara itu di Kota Tasik, guncangan gempa ini terasa merata diseluruh penjuru wilayah Kota Santri. “Saya lagi asyik nerima telepon lalu kaget kipas angin di kosan saya tiba-tiba bergoyang. Langsung saya keluar kosan, takut terjadi apa-apa,” ujar Rachmanika (30), ibu rumah tangga di Padayungan.

Hal senada dituturkan Ida Darnika (56), warga Kalangsari, Cipedes. “Kaget. Pintu rumah yang sedang terbuka sampai bergoyang-goyang. Lampu gantung juga bergoyang-goyang beberapa menit. Terasa besar guncangannya,” tuturnya.

Pun di kawasan Tasikmalaya Selatan. Seperti Kecamatan Cipatujah. Ogi warga Desa Sindandangkerta, mengaku sempat panik ketika gempa berlangsung.

Betapa tidak, isu gempa dahsyat 8,0 SR yang sejak beberapa hari heboh dan viral, membuatnya ketar ketir.

“Saya sempat panik sekali. Tapi alhamdulilah aman. Soalnya beberapa waktu lalu ada info akan terjadi gempa dahsyat yang bisa menyebabkan tsunami dengan ombak yang sangat tinggi. Alhamdulillah itu tak terjadi,” ujarnya.

(rez/age radartasikmalaya.com)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.