Gencarkan Pengembangan Olahraga Pendidikan

7

JAKARTA – Pemerintah dalam hal ini Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) terus menggencarkan penataan kelembagaan dalam rangka melakukan pembinaan dan pengembangan olahraga di satuan pendidikan.

Menurut Asisten Deputi Olahraga Bidang Pendidikan Kemenpora Alman Hudri hal itu terus dilakukan pemerintah guna meningkatkan prestasi olahraga di Tanah Air. Alman menambahkan, semua yang dilakukan pihaknya tersebut sesuai dengan UU RI Nomor 3 Tahun 2005 tentang Sistem Keolahragaan Nasional.

“Jadi pembinaan dan pengembangan keolahragaan dilaksanakan melalui jalur keluarga, jalur pendidikan dan jalur masyarakat yang berbasis pada pengembangan olahraga untuk semua orang yang berlangsung sepanjang hayat. Itu tertuang dalam UU RI Nomor 3 Tahun 2005 tentang Sistem Keolahragaan Nasional Bab VII Pasal 21 Ayat 4,” ungkap Alman Hudri Selasa (4/11).

Nantinya, sebagaimana tertuang dalam dalam UU RI Nomor 3 Tahun 2005 tentang Sistem Keolahragaan Nasional Bab VII Pasal 25 Ayat 2, pembinaan dan pengembangan olahraga pendidikan bakal dilaksanakan melalui proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru dosen olahraga yang berkualifikasi dan memiliki sertifikat kompetensi serta didukung prasarana dan sarana olahraga yang memadai.

“Untuk menumbuhkembangkan prestasi olahraga di lembaga pendidikan, pada setiap jalur pendidikan dapat dibentuk unit kegiatan olahraga, kelas olahraga, pusat pembinaan dan pelatihan, sekolah olahraga, serta diselenggarakannya kompetisi olahraga yang berjenjang dan berkelanjutan,” terangnya.

Selain itu menurutnya, pembinaan dan pengembangan olahraga pendidikan dapat memanfaatkan olahraga rekreasi yang bersifat tradisional sebagai bagian dari aktivitas pembelajaran. (gie/fin)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.