Sediakan Layanan Ruang Konsultasi

Genjot Pelaporan SPT Lewat e-Filing

136
0
ISI SPT TAHUNAN. Relawan pajak (kanan) sedang membimbing WP dalam pengisian SPT Tahunan menggunakan e-Filling di Ruang Konsultasi Gedung B KPP Pratama Tasikmalaya Selasa (19/2).Lisna Wati / Radar Tasikmalaya

TASIK – Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Tasikmalaya terus berupaya meningkatkan dan mengoptimalkan program penyampaian Surat Pemberitahuan (SPT) Tahunan dengan metode e-Filing.

Salah satu upaya yang dilakukan dengan menggelar sosialisasi dan menyediakan ruangan konsultasi di Gedung B KPP Pratama Tasikmalaya Jalan Sutisna Senjaya Kota Tasikmalaya.

Kasubag Umum dan Kepatuhan Internal KPP Pratama Tasikmalaya Muhammad Fadil mengatakan pihaknya terus berupaya mengubah kebiasaan masyarakat dalam melaporkan SPT-nya yang tadinya manual menjadi paperless dengan menggunakan e-Filling.

Seperti diketahui, sambungnya, e-Filing merupakan sistem pelaporan SPT yang dikembangkan Direktorat Jenderal Pajak (DJP) dengan memanfaatkan sarana internet.

“Sehingga pelaporan SPT dapat dilakukan secara online, tanpa melalui pihak lain dan tanpa dipungut biaya apapun,” ungkapnya kepada Radar, Selasa (19/2).

Program e-Filing ini diyakini akan memberikan kemudahan bagi Wajib Pajak (WP) dalam pembuatan dan penyerahan laporan SPT kepada DJP secara lebih cepat dan praktis.

Terkait teknis penggunaan e-Filling, ia memaparkan, WP perorangan yang akan mengisi SPT PPh secara elektronik terlebih dahulu harus memasukkan nomor identifikasi elektronik (e-FIN), kemudian melakukan registrasi dan aktivasi e-Filing. Untuk memperoleh e-FIN, WP dapat mendatangi KPP Pratama.

Fadil mengatakan, meski e-Filling ini sudah diluncurkan beberapa tahun yang lalu, namun masih banyak masyarakat yang belum memahami tata cara menggunakan aplikasi tersebut. “Makanya kami membuka layanan konsultasi di Gedung B KPP Pratama Tasikmalaya selama jam kerja untuk memudahkan masyarakat dalam melaporkan SPT Tahunan dengan metode e-Filing,” jelasnya.

“Di ruangan konsultasi ini, masyarakat dibimbing oleh relawan pajak untuk melaporkan SPT Tahunan. Setelah tahu tata caranya, diharapkan tahun depan mereka sudah bisa melakukannya sendiri di rumah,” katanya kepada Radar, Selasa (19/2).

Fadil mengatakan, pihaknya menargetkan 44.342 WP bisa melaporkan SPT Tahunan menggunakan e-Filling. Target ini naik sebanyak 36 persen dibandingkan 2018. “Adapun target penerimaan pajak tahun 2019 sebesar Rp 906,83 miliar,” ujarnya. Ia menghimbau WP untuk segera menyampaikan SPT Tahunannya sebelum 31 Maret bagi WP Orang Pribadi serta 30 April untuk WP Badan.

Salah satu WP Eli Halimah Harun mengaku terbantu dengan adanya fasilitas ruang konsultasi yang disediakan KPP Pratama. “Saya dibimbing step by step pelaporan SPT Tahunan menggunakan e-Filling. Ternyata mudah dan praktis. Tahun depan sepertinya saya bisa melakukannya sendiri di rumah,” ujar warga Jalan Mitra Batik Kota Tasikmalaya ini. (na)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.