Gerakan Cinta Laut, Tumbuhkan Cinta Bahari

386
0
BERGEMBIRA. Para peserta mengabadikan momen bersama Bupati Pangandaran H Jeje Wiradinata usai upacara pembukaan kegiatan Gerakan Cinta Laut kemarin (15/10).

PANGANDARAN – Sekitar 400 pelajar dan perwakilan masyarakat di Kabupaten Pangandaran mengikuti kegiatan Gerakan Cinta Laut (Gita Laut) yang diselenggarakan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) di kawasan Lokabina Pramuka, Pantai Pamugaran, kemarin (15/10).
Dr Aryo Hanggono, Staf Ahli Menteri Kelautan dan Perikanan Bidang Ekologi dan Sumber Daya Laut mengatakan Gerakan Cinta Laut bertujuan mengembangkan rasa memiliki dan kepedulian masyarakat untuk menjaga kelestarian laut. “Kita harapkan melalui kegiatan ini semakin tumbuh kecintaan pada budaya bahari sehingga ikut menjaga kelestarian laut,” katanya.
Menurut Aryo, para peserta akan mengikuti sejumlah kegiatan selama tiga hari ke depan melalui kegiatan perkemahan. Diantaranya, gerakan bersih pantai dan laut, jambore pesisir, sekolah pantai, workshop pengelolaan sampah serta kampanye Gita Laut dan lomba kreativitas. “Kegiatan jambore pesisir ini menjadi wadah untuk belajar, meningkatkan keterampilan, berbagi pengalaman, sekaligus mempraktikkan secara langsung kegiatan pelestarian ekosistem pesisir serta penanggulangan pencemaran pesisir,” jelas dia.
Ia berharap para peserta memanfaatkan kegiatan tersebut dengan baik. “Ada sejumlah narasumber yang dihadirkan, di antaranya dari kementerian, kelompok pemerhati lingkungan serta yayasan Mangrove dan Komunitas Sade Lingkungan,” ujarnya.
Bupati Pangandaran H Jeje Wiradinata mengatakan gerakan cinta laut sangat dibutuhkan mengingat Kabupaten Pangandaran memiliki perairan laut yang cukup luas. “Kelestarian laut menjadi sangat penting bagi kita, apalagi sebagai kabupaten pariwisata. Tentunya, kesadaran untuk menjaga lingkungan perlu terus disosialisasikan, tidak boleh membuang sampah dan mencemari laut,” ungkapnya. (nay)

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.