PKB Segera Bahas Kandidat Wakil Ketua DPRD dan Fraksi

Gerindra Belum Siapkan Calon Ketua Dewan

78
0
radartasikmalaya.com
ilustrasi kursi pejabat

SINGAPARNA – Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Gerindra Kabupaten Tasikmalaya meraih kursi terbanyak pada Pileg 2019. Dengan demikian, partai berlambang garuda ini akan menempatkan kadernya sebagai ketua dewan. Namun, hingga saat ini belum disiapkan siapa yang akan duduk di pimpinan legislatif itu.

Sekretaris DPC Partai Gerindra Kabupaten Tasikmalaya Asep Sopari Al Ayubi mengatakan, penentuan siapa yang akan menjadi ketua dewan dan ketua fraksi belum ada arahan dari DPP.

“Sampai saat ini belum ada petunjuk soal alat kelengkapan dewan dari DPP. Karena untuk ketua dewan dan ketua fraksi harus berdasarkan SK dari DPP,” ujarnya kepada Radar, Rabu (3/7).

Lanjut dia, pengurus di daerah tidak bisa mewacanakan siapa yang akan menduduki jabatan ketua dewan dan fraksi. Karena yang mempunyai kewenangannya adalah DPP.

“Saya yakin DPP akan menunjuk kader terbaik untuk menjadi ketua dewan dan fraksi, karena ini berkaitan dengan marwah partai jadi siapa pun yang ditunjuk, itu merupakan terbaik bagi partai,” katanya.

Kata Asep, sampai saat ini belum ada bocoran atau informasi resmi soal pembahasan ketua dewan dan fraksi di tataran DPP. Tapi, dalam waktu dekat ini pasti segera ada pembahasan soal alat kelengkapan dewan dari Partai Gerindra. “Pasti secepatnya ada pembahasan, ya kemungkinan jelang pelantikan sudah ada nama,” bebernya.

Terpisah, Wakil Ketua I DPC PKB Kabupaten Tasikmalaya Usman Kusmana MSi mengatakan, sampai saat ini belum melakukan pembahasan soal alat kelengkapan dewan.

“Pertengah Juli atau Agustus, pengurus dan unsur pimpinan DPC PKB Kabupaten Tasikmalaya akan segera menggelar rapat pleno untuk menentukan, memilih dan mengusulkan tiga nama dari delapan anggota dewan menjadi wakil ketua atau unsur pimpinan DPRD dan ketua fraksi,” ungkapnya kepada Radar, Rabu (3/7).

Menurutnya, raihan delapan kursi sudah memastikan satu kursi wakil ketua DPRD menjadi milik PKB. Tinggal mencari kandidat terbaik untuk mengisi unsur pimpinan dewan dan ketua fraksi. “Tiga nama sebagai kandidat wakil ketua DPRD akan dipilih pada rapat pleno nanti. Setelah muncul tiga nama baru kita serahkan ke DPP,” katanya.

Lanjut dia, tiga nama yang sudah diusulkan ke DPP akan mengikuti fit and proper test. Setelah itu dipilih satu nama terbaik yang akan diberikan SK untuk menduduki jabatan wakil ketua dewan periode 2019-2024. Sedangkan untuk ketua fraksi, prosesnya hampir sama. Namun kewenangannya berada di DPW PKB Provinsi Jawa Barat. “Untuk ketua fraksi juga sama tiga nama yang akan kita usulkan dan mengikuti fit and proper test,” jelasnya.

Usman belum bisa menyebut siapa saja yang layak diusulkan menjadi wakil ketua dewan dan ketua fraksi dari PKB. “Soal nama nanti saja di­pu­tuskan dalam rapat pleno, yang jelas kita ada delapan orang nama anggota DPRD, se­muanya ber­pe­lu­ang,” te­ra­ng­nya.(yfi/dik)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.