Siapa Calon bupati Tasikmalaya pilihan anda?
17%

83%

Penyebab Kebakaran Didominasi Human Error dan Korsleting Listrik

Giatkan Sosialisasi Terkait Instalasi

15
0
pln

TAROGONG KIDUL – Anggota DPRD Kabupaten Garut dari Fraksi PPP Ade Husna meminta kepada PLN meningkatkan sosialisasi terkait instalasi listrik, khususnya instalasi di rumah-rumah warga. Hal itu menyusul adanya kebakaran yang diduga diakibatkan hubungan arus pendek listrik.

“Masyarakat banyak yang kurang faham soal instalasi listrik di rumahnya, terutama ketika menyambung kabel dan penggunaan kabel. Kadang kabel yang tidak SNI juga dipakai,” ujarnya kepada wartawan Minggu (6/10).

Menurut dia, dengan ketidaktahuan itu banyak warga yang harus menjadi korban kebakaran serta semua harta bendanya hangus seketika. “Memang perlu adanya sosialiasai, terutama di wilayah perkampungan yang jarang tersentuh,” katanya.

Pihaknya bersama anggota lain akan melakukan komunikasi dengan PLN Garut terkait sosialisasi aman dalam menggunakan instalasi listrik. “Kita akan dorong PLN untuk melakukan sosialiasi agar supaya kebakaran rumah seperti ini bisa dicegah,” katanya.

Pihaknya juga akan melakukan komunikasi dengan Dinas Sosial dan Pemkab Garut perihal bantuan untuk rutilahu. “Kita juga coba komunikasi dengan pemda, karena korban kebakaran ini merupakan warga yang tidak mampu. Apakah bisa diusulkan untuk rutilahunya atau gimana kita komunikasikan,” katanya.

Sekretaris Dinas Damkar Kabupaten Garut Satria Budi mengatakan kebakaran yang selama ini terjadi di Kabupaten Garut kebanyakan dari human error dan korsleting listrik. “Kebanyakan human error, tapi ada juga dari listrik. Jumlahnya juga lumayan,” ujarnya Minggu (6/10).

Menurut dia, yang terbaru kebakaran rumah di wilayah Kecamatan Sukawening dan Kecamatan Limbangan. Di dua wilayah itu dua rumah terbakar akibat human error atau pembakaran sampah. “Untuk di Sukawening itu kejadiannya tadi (kemarin, Red), tetapi berhasil dipadamkan,” ujarnya.

Sementara kejadian di Kampung Rancaseel RT 01 RW 08, Desa Cigagade Kecamatan Limbangan pada Sabtu (5/10) yang menimpa rumah milik Maspiah akibat korsleting listrik. Beruntung dalam kebakaran tersebut tidak merembet ke bangunan lain karena berhasil diantisipasi dan dipadamkan bersama warga setempat.

Budi menghimbau kepada warga Garut agar lebih berhati-hati dan memperhatikan instalasi kelistrikan pada saat bangunan ditinggalkan. “Dan untuk pencegahan bahaya kebakaran agar warga menyediakan alat pemadam api ringan (apar),” katanya. (yna)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.