Gila.. 5 Orang Ini Hanya Butuh Beberapa Detik Maling Motor, Ini Kata Polisi

206
0
CURANMOR. Polisi kawal para pelaku pencurian kendaraan bermotor saat akan dihadirkan dalam konferensi pers di Mapolres Banjar Senin (3/2). Para pelaku merupakan residivis kasus pencurian.
CURANMOR. Polisi kawal para pelaku pencurian kendaraan bermotor saat akan dihadirkan dalam konferensi pers di Mapolres Banjar Senin (3/2). Para pelaku merupakan residivis kasus pencurian.

BANJAR – Polres Banjar mengamankan lima pelaku kasus pencurian kendaraan bermotor (curanmor) dan pencurian dengan pemberatan (curat). Kelimanya merupakan residivis kasus serupa.

Kapolres Banjar AKBP Yulian Perdana mengatakan kelima pelaku diantaranya AH, EG, NUR, WAS dan YS. Satu di antara pelaku merupakan penadah barang. Para pelaku melakukan kejahatan di beberapa titik di Kota Banjar dan Ciamis.

Para pelaku, kata kapolres, melakukan aksinya di rumah, tempat parkiran dan pinggir jalan.

“Para pelaku dari dua kelompok dengan modus operandi mengambil motor korban dengan menggunakan kunci leter T dan masuk ke rumah korban dengan cara mencongkel pintu menggunakan linggis,” ujarnya saat konferensi pers di halaman Mapolres Banjar Senin (3/2).

Baca Juga : Kaca Mobil Dipecah, Uang 60 Juta di Jok Raib Dimaling

Dari para pelaku polisi mengamankan sebanyak 18 unit sepeda motor. Selain itu, barang bukti kejahatan lainnya ikut diamankan seperti kunci leter T, satu kunci pas, satu kunci palsu bahan baja, satu tas laptop, dua set anak kunci, satu obeng, tujuh hape berbagai merek dan satu buah linggis serta uang tunai sebesar Rp 145 ribu.

Lanjut Kapolres, para pelaku diancam pasal 363 KUHP (curat) dengan ancaman hukuman maksimal tujuh tahun penjara. Sedangkan penadah dijerat pasal 480 KUHP ancaman hukuman empat tahun penjara.

Pihaknya mengimbau masyarakat menggunakan kunci ganda kendaraan jika diparkir dan memasukkan kendaraan ke dalam rumah lalu dikunci guna menghindari pencurian kendaraan bermotor.

Kasat Reskrim polres Banjar AKP Budi Nuryanto menambahkan uang hasil pencurian digunakan pelaku untuk kebutuhan sehari-hari.

“Modusnya hampir sama semua menggunakan kunci leter T, para pelaku hanya butuh satu menit kadang kurang untuk membawa motor,” jelasnya.

Baca Juga : Pelaku Pecah Kaca di Kota Banjar Diduga 2 Orang

Salah seorang korban pencurian kendaraan bermotor Rudiana (35) warga Sinartanjung senang motor yang dicuri November tahun lalu akhirnya kembali.

“Waktu itu tanggal 16 November motor diparkir di Alun-Alun Langensari sedang istirahat dengan anak sama istri. Ditinggal ngopi sebentar di warung tahu-tahu motor di parkiran tidak ada,” ujarnya. (nto)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.