Godok KLHS untuk Jaga Lingkungan

124

Siapa Presiden Pilihan Mu ?

RE MARTADINATA – Dinas Lingkungan Hidup (LH) Kota Tasikmalaya melaksanakan Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS) di favehotel Tasikmalaya, Senin (26/3) pagi.

Kepala Dinas LH Kota Tasikmalaya H Dudi Mulyadi menerangkan bahwa pemerintah wajib melaksanakan KLHS di dalam proses penyusunan atau evaluasi Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW), Rencana Pembangunan Jangka Panjang (RPJP), Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) Nasional.

Pembuatan KLHS itu untuk memastikan bahwa prinsip pembangunan berkelanjutan telah menjadi dasar integrasi dalam pembangunan suatu wilayah baik rencana ataupun program. “Jadi intinya setiap ada kegiatan pembangunan itu harus adanya KLHS. Harus dilihat dampak positif dan negatifnya terhadap lingkungan. Baik pembangunan yang sifatnya budaya, sosial, ekonomi, politik atau yang lainnya,” terang dia di sela-sela acara kemarin.

Wali Kota Tasikmalaya Dr H Budi Budiman memaparkan kajian hidup sehat RJPMD jadi acuan pembangunan lima tahun mendatang dalam melaksanakan program yang berkaitan dengan lingkungan. Pembangunan berwawasan lingkungan sangat diperlukan untuk menyelamatkan sumber air di Tasikmalaya. “Mumpung kondisi lingkungan di Tasikmalaya ini belum jadi kota darurat. Makanya, bagaimana kebijakan pemkot berkaitan dengan seluruh kegiatan pembangunan pemerintah atau sektor swasta harus berlandaskan dengan kajian lingkungan hidup strategis. (mg2)

loading...