Good Bikers Kota Tasik Solusi Antisipasi Kenakalan Anak Remaja

46
0
radartasikmalaya
Kegiatan Good Bikers Kota Tasikmalaya di Masjid Aisyah, Bantarsari, belum lama ini. istimewa for radartasikmalaya.com

KOTA TASIK – Aksi kejahatan jalanan geng motor tengah menghangat di Kota Tasikmalaya.

Seperti Minggu lalu (20/12) lalu, seorang pemuda menjadi korban pembacokan dan seorang pemuda lainnya babak belur dikeroyok geng motor di Jalan Ahmad Yani.

Guna mengantisipasi agar anak muda tak terbawa arus geng motor ini, Pesantren Laskar Langit Yayasan Pesantren Laskar Langit Yayasan PesantreneurshiPAY (Tahfidzul Qur’an dan Entrepreneurship Pecinta Anak Yatim), nanti malam meluncurkan Good Bikers.

Nanti malam (Sabtu 26/12), Good Bikers ini akan dilaunching dibarengi dengan Gerakan Salat Isya Berjamaah di Masjid Aisyah, Jalan Ir H Juanda Nomor 39, Bantarsari, Kecamatan Bungursari, Kota Tasikmalaya. Launching ini terbuka untuk umum.

“Visi dari Good Bikers ini adalah menyikapi maraknya aksi geng motor yang meresahkan masyarakat dan biasanya terjadi di malam hari,” ujar Penggagas Good Bikers, Yandi Fiana yang akrab disapa Bang Jack kepada radartasikmalaya.com.

Terang Bang Jack yang dihubungi melalui ponselnya, melalui gerakan ini pihaknya berusaha mengajak semua klub motor untuk salat Isya berjamaah dan dilanjutkan dengan kegiatan susulan lainnya.

“Dengan harapan bisa membantu untuk menekan aksi genk motor. Agar suasana di Kota Tasik kondusif aman bagi masyarakat terutama pekerja malam pedagang malam dan lain-lainnya. Semoga bisa menginspirasi untuk daerah-daerah lainnya,” terangnya.

Beber Bang Jack, kenakalan remaja bermotor diakibatkan oleh dua hal.

Yaitu kekosongan psikologis atau tidak adanya figur prioritas yang baik dan seharusnya didapatkan sejak kanak-kanak dari orangtuanya di dalam rumah.

“Bisa jadi dikarenakan ketidakpedulian orang tua. Orang tua yang sering berantem dengan pasangan hidupnya, sering melakukan tindak kekerasan kepada anak,” bebernya.

“Lalu si anak ini keluar rumah mendapatkan orang-orang dewasa yang merangkul mereka. Sayangnya mereka berorentasi kurang baik. Maka anak tersebut menjadi kurang baik,” sambungnya.

Hal lainnya, tambah Bang Jack, mempunyai banyak waktu luang yang tidak dipakai untuk berkarya atau tidak produktif. Seperti nongkrong, main tak jelas dan lain-lain.

“Dalam kondisi seperti ini ketika ada yang mengajak hal-hal kurang baik, cenderung anak-anak ini langsung mengiyakannya tanpa berpikir resikonya,” tambahnya.

Maka, jelas Bang Jack, melalui Good Bikers ini pihaknya berusaha hadir merangkul dan membimbing mereka menjadi manusia-manusia yang baik serta produktif.

Kegiatan pun dimulai dari salat Isya berjamaah, tausyiah doa bersama, makan dan minum kopi bareng.

“Jika sudah terlihat keistiqomahannya maka kami akan membagi 2 kluster. Pekerja dan pelaku bisnis. Bisa jadi kami akan menggandeng pemerintah agar ikut serta membentuk mereka. Misal dgn pelatihan-pelatihan kerja hingga mungkin bisa sampe memodali mereka. Misal perbengkelan, barista kopi, sablon, kuliner, kerajinan dan lainnya,” jelasnya.

Tukas Bang Jek, jika figur priority baik dari pihaknya sudah masuk ke dalam memori mereka dan tidak ada lagi waktu luang di kehidupan mereka, Insya Allah kenakalan sebelumnya akan berhenti.

Juga malah bisa menjadi contoh baik bagi temen-temen nya mereka yg masih diluar yg belum mau gabung.

“Pelaksanaannya hanya 1 kali dalam sepekan yaitu setiap hari Sabtu malam. Spiritnya dari hadist bahwa salat Isya dan Subuh adalah salat yang paling sulit dilakukan. Dan banyak hadits lainya yg kurang lebih sama,” tukasnya.

Jamaah salat tak harus memakai motor. Bisa juga memakai mobil. Kemudian tak harus anak klub motor.

Keluarga biasa-biasa juga bisa mengikutinya malahan membawa anak dan istri juga diperbolehkan.

(rezza rizaldi)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.