0 Tottenham vs MU 1

Good Job De Gea

8
David De Gea

LONDON – Kiper Manchester United (MU) David De Gea mendapat pujian setinggi langit saat pasukan Setan Merah sukses menekuk Tottenham Hotspur 1-0 di laga ke-22 Premier League di Wembley, London, kemarin (13/1) pagi WIB.

Kiper Timnas Spanyol itu tercatat melakukan 11 kali penyelamatan gemilang dalam satu laga tersebut. Kehebatan De Gea itu menyebabkan Harry Kane, Dele Alli dan Toby Alderweireld frustasi dibuatnya.

Menurut BBC, laga tersebut adalah laga dengan penyelamatan paling banyak yang pernah dilakukan di lima liga Eropa, yang pernah dijalani De Gea bersama Manchester United.

Catatan tersebut hanya kalah dari laga bulan Desember 2017, saat Manchester Merah berhadapan dengan musuh bebuyutannya, Arsenal. Di mana De Gea melakukan total penyelamatan sebanyak empat belas kali. United menang 3-1 berkat kontribusinya.

Manajer Interim United Ole Gunnar Solskjaer bahkan sesumbar jika De Gea punya potensi hebat ke depannya. Mencatatkan namanya sebagai penjaga gawang terbaik yang pernah di miliki klub juara 20 kali Premier League itu, mengalahkan catatan yang pernah dibuat kiper-kiper legenda United seperti Edwin Van Der Sar and Peter Schmeichel.

“Kita pernah punya kiper hebat seperti Edwin (Van Der Sar) dan Peter (Schmeichel) dan saya rasa dia (De Gea) tengah menantang (rekor) keduanya untuk menjadi yang terbaik (di MU),” kata Solskjaer seperti dikutip BBC.

“Di MU, kami terbiasa punya kiper hebat, dan dia (De Gea) terus berkembang sebagai penjaga gawang. Ia layak menjadi man of the match,” tambah manajer asal Norwegia itu.

De Gea sendiri bergabung dengan United setelah Setan Merah membelinya dari Atletico Madrid di 2011. Pemain berbadan jangkung itu meraih penghargaan sebagai Pemain Terbaik versi klub, empat kali dalam lima musim terakhir.

Dalam laga yang berlangsung di stadion milik The Football Ascociation itu, Hotspur berhasil memegang kendali pertandingan melalui ball possession mereka yang mencapai, 62 persen berbanding 38 persen. Sayang, De Gea terlalu perkasa untuk bisa ditembus anak-anak Spurs.

Gol United datang dari penyerang mereka, Marcus Rashford yang sempat melakukan sprint menuju kotak terlarang lawan usai menerima umpan lambung dari sisi kiri lapangan, sebelum melesakkan tendangan kaki kanan dari pojok kiri gawang Hugo Lloris. (ruf/fin/wsa)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.