Gotong Royong Jaga Kebersihan Pantai

231
0
GOTONG ROYONG. Puluhan mahasiswa PMPT wilayah Cirebon Regional Pangandaran dan Tagana membersihkan kawasan Pantai Timur, Jumat (25/5).

PANGANDARAN – Puluhan mahasiswa yang tergabung dalam Paguyuban Mahasiswa Priangan Timur (PMPT) Wilayah Cirebon Regional Pangandaran menggelar kegiatan bersih pantai bersama relawan Taruna Siaga Bencana (Tagana) Kabupaten Pangandaran. Kegiatan dipusatkan di kawasan Pantai Timur, Jumat (25/5).

Ketua Umum PMPT Regional Pangandaran Naza Kania mengatakan bersih pantai merupakan rangkaian kegiatan bakti sosial yang sedang dilaksanakan di wilayah Desa/Kecamatan Pangandaran.

“Mahasiswa sebagai bagian integral dari sebuah perguruan tinggi selain berfungsi sebagai agent of social control dan agent of social change juga harus menjadi pengusung dalam pencapai tugas-tugas perguruantinggi. Sesuai dengan Tridarma Perguruan Tinggi yaitu pendidikan, penelitian, dan pengabdian,” ungkapnya.

“Selain bersih pantai, kami juga merealisasikan program kerja seperti pendidikan pesantren kilat, santunan anak yatim, perlombaan keagamaan tingkat anak, taman baca serta sosialisasi kesehatan,” tambah dia.

Pihaknya berharap baksos yang digelar di Pangandaran dapat memberikan manfaat untuk masyarakat dan lingkungan.
Sementara itu, Wakil Ketua Tagana Kabupaten Pangandaran Komar Heryadi mengatakan kegiatan bersih pantai merupakan kegiatan rutin dalam rangka menyukseskan program Pangandaran Berseka.

“Kebetulan Jumat ini kita mendapatkan undangan dari mahasiswa PMPT, jadi kegiatan kita disatukan,” ungkapnya.

Dalam kegiatan tersebut, Tagana Pangandaran juga memasang sejumlah tempat sampah di beberapa titik.

“Kita buat tempat sampah sendiri agar memudahkan wisatawan dan masyarakat. Kami harap lingkungan pantai terjaga kebersihannya,” ujar dia.

Komar mengatakan saat ini musim angin timur. Sehingga sampah kiriman dari sungai yang masuk ke laut banyak mendarat di tepi pantai.

“Sampah-sampah didominasi plastik. Sehingga jika tidak dibersihkan bisa merusak lingkungan. Termasuk juga mengganggu kenyamanan,” tuturnya. (nay)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.