Gotong Royong Normalisasi Parit

201
0

CIAMIS – Petani di Dusun Cikarag Desa/ Kecamatan Sadananya Kabupaten Ciamis kini bisa bernapas lega. Mereka tak khawatir lagi sawahnya akan kebanjiran. Sudah dua minggu ini warga bergotong royong menormalisasi parit sepanjang 791 meter yang mengalami pendangkalan. Selain dinormalisasi, dinding parit juga dicor agar tidak jebol.

“Kami secara gotong royong menyelesaikan pekerjaan penembokan selokan agar cepat selesai, mengingat saat ini seringkali hujan deras,” ujar Ketua Perkumpulan Petani Pengguna Air (P3A) Sauyunan Dusun Cikarag Dede Setiadi kepada Radar, Kamis (19/4).

Menurutnya, empat hektare lahan pertanian di Dusun Cikarag selalu digenangi banjir luapan Sungai Citanduy ketika musim hujan. Hal itu membuat petani merugi. Warga pun berusaha mencari bantuan. Akhirnya, mereka mendapat bantuan dari BBWS Citanduy untuk menormalisasi dan ngecor parit.

“Sekarang kami bisa baru ter-cover 350 meter. Semoga selokan lain bisa ada bantuan dan bisa dibangun sama, sehingga lahan sawah dan kolam tidak lagi terkena luapan air,” ungkapnya.

Dia mengungkapkan kedalaman parit semula hanya 20 cm, sehingga air kerap meluap ke sawah dan kolam ikan. Akibatnya tak sedikit ikan warga yang hilang terbawa banjir. Kini setelah dinormalisasi, kedalaman parit bertambah menjadi 30 cm.

Dia berharap ke depannya parit tidak meluap atau jebol lagi ketika hujan turun. Sehingga, tanaman padi dan kolam ikan bisa tidak kebanjiran. “Manfaatnya dirasakan oleh kami semua, semoga target selebihnya bisa tercapai lagi,” harapnya. (isr)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.