GP Ansor Kabupaten Pangandaran Dorong Modernisasi Pertanian

39
0
RAKORCAB. GP Ansor Kabupaten Pangandaran menggelar Rapat Koordinasi Cabang (Rakorcab) di Gedung Islamic Centre Rabu (20/3). (Deni Nurdiansah / radartasikmalaya.com)
Loading...

CIJULANG – Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kabupaten Pangandaran mendorong kepada Pemerintah Kabupaten Pangandaran konsen memasarkan hasil pertanian ke luar daerah. Sehingga tidak hanya melakukan penyuluhan saja.

Ketua GP Ansor Kabupaten Pangandaran Encep Najmudin mengatakan usaha tani di Kabupaten Pangandaran harus di fasilitasi dengan baik oleh pemerintah mulai dari permodalan dan pemasaran.

”Karena selama para petani selalu mentok dalam proses pemarasan, padahal ada dinas yang menangani hal itu,” terangnya kepada Radar saat ditemui di Gedung Islamic Centre Kecamatan Cijulang,Rabu (20/3).

Menurutnya, saat ini pemerintah baru sebatas melakukan pembinaan dan penyuluhan. Padahal pemerintah bisa datang ke sebuah perusahan yang membutuhkan bahan baku tertentu.

”Pemkab bisa nego ke perusahan itu, agar mau menggunakan bahan baku dari Pangandaran,” ujarnya.

Loading...

Jika bahan baku hasil pertanian dari Pangandaran bisa dipasarkan, kata dia, maka kesejahteraan petani akan meningkat.

”Jadi mereka bisa mendapatkan lebih dari hasil menjual bahan mentah tersebut,” katanya.

Saat ini, lanjut Encep, kebanyakan para petani di Kabupaten Pangandaran masih bekerja secara konvensional. Untuk itu Anshor mendorong pemerintah memodernisasi petani.

”Ya semuanya harus diperhatikan, dari mulai pupuknya, irigasi, peralatan dan lain-lain,” terangnya.

Encep menegaskan petani dan nelayan merupakan salah satu penopang ekonomi Pangandaran. Sehingga sudah sepantasnya mendapat perhatikan lebih.

Pembina GP Ansor Kabupaten Pangandaran KH Luthfi Fauzi mendukung kebijakan pemkab yang sedang dilaksanakan, terutama dalam membangun infrastruktur.

”Setelah infrastrukturnya bagus, langsung dipikirkan bagaimana meningkatkan pertanian dan mengembangkan ekonomi kreatif,” jelasnya.

Tidak hanya itu, kata dia, pihaknya mendukung prioritas pembangunan di bidang pendidikan, pariwisata dan kesehatan. “Kebijakan yang diambil bupati sudah tepat,” tuturnya. (den)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.