Gunakan Kotak Suara Transparan

142
0
Deden Nurul - Ketua KPU Kabupaten Tasikmalaya

SINGAPARNA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) terus menelurkan inovasi demi terciptanya pesta demokrasi yang berkualitas dan berintegritas. Kali ini, KPU menyiapkan kotak suara transparan untuk Pilgub Jabar 2018 dan Pileg serta Pilpres 2019.

Ketua KPU Kabupaten Tasikmalaya H Deden Nurul Hidayat mengatakan tujuan dari penggunaan kotak transparan ini sebagai upaya meminimalkan kecurigaan yang selalu terjadi pada setiap hajat demokrasi ini.

“Kita ingin meminimalisir kecurigaan seperti penukaran surat suara saat kotak dibawa dari TPS ke PPK untuk kepentingan rekapitulasi suara,” ungkapnya kepada Radar, Minggu (13/5).

Deden menjelaskan untuk pengadaan kota suara transparan ini kewenangan dari KPU Provinsi Jawa Barat, sedangkan KPU daerah hanya menerima pengiriman saja untuk digunakan pada pesta demokrasi yang akan dihadapi.

“Sejauh ini kami belum menerima dan belum diketahui kapan penyaluran kotak suara transparan tersebut,” ujar dia.

Kotak suara itu terbuat dari bahan khusus sehingga transparan dan masyarakat mudah melihat isinya. Direncakan kotak baru ini akan digunakan pada Pilgub Jabar 2018 dan Pilpres 2019. (ujg)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.