Gunung Anak Krakatau Erupsi, Begini Kondisi Terakhir

88

Aktivitas gunung api di Indonesia terus meningkat, termasuk Gunung Anak Krakatau. Badan Geologi Kementerian ESDM mencatat jika Gunung Anak Krakatau telah mengalami erupsi pada kemarin petang, Sabtu (18/9).

“Terjadi erupsi Gunung Anak Krakatau, Lampung, pada tanggal 18 Agustus 2018 pukul 18.09 WIB dengan tinggi kolom abu teramati ± 500 m di atas puncak (± 805 m di atas permukaan laut).

Namun saat ini masih berstatus waspada,” tulis Badan Geologi sebagaimnana dilansir Kantor Berita Politik RMOL (Jawa Pos Grup), Minggu (19/8).

Badan Geologi menegaskan bahwa asap hitam yang muncul akibat erupsi tersebut condong bergerak ke arah utara. Erupsi tersebut diketahui berlangsung sekitar 2 menit.

“Kolom abu teramati berwarna hitam dengan intensitas tebal condong ke arah utara. Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 42 mm dan durasi ± 2 menit 33 detik,” tambah keterangan itu.

Mengingat statusnya yang berada pada tingkat waspada, Badan Geologi mengimbau masyarakat atau wisatawan tidak mendekat dalam jarak radius 2 kilometer dari kawah.

(mam/jpg/JPC)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.