Guru dan Murid Harus Terampil Menulis

59
0
TALK SHOW. Kepala SDN Karangtengah Helatini SPd MPd, Kepala SDN Kedung Waru Sunaryo SPd MPd dan Guru SDN Karangtengah Enung Nurhasanah SPd saat Talk Show Bincang Radar di Studio Radar Tasikmalaya TV Rabu (20/11). Ujang Nandar / Radar Tasikmalaya

TASIK – Sekolah Dasar Negeri (SDN) Karangtengah dan SDN Kudang Waru Kecamatan Kawalu Kota Tasikmalaya terus meningkatkan kemampuan guru dan siswa dalam hal menulis.

Kepala SDN Karangtengah Helatini SPd MPd menyatakan, saat ini guru harus terampil menulis. Selain untuk menumbuhkan wawasan, keterampilan menulis ini juga berkaitan dengan tugas pokok dan fungsi sebagai guru.

“Guru juga harus bisa merencanakan, melaksanakan dan melaporkan proses pembelajaran. Semua itu harus dilaporkan dalam bentuk tulisan,” katanya usai Talk Show di Studio Radar Tasikmalaya TV Rabu (20/11).

Bahkan proses pembelajaran sendiri tidak lepas dari tulis-menulis dan laporan. Dengan keterampilan menulis, guru akan dengan mudah menyiapkan pembelajaran. “Pembelajaran akan mudah diserap siswa bila disampaikan oleh guru yang terampil menulis,” jelas Helatini.

Keterampilan menulis idealnya bisa dikuasai oleh semua guru. Khususnya guru SD yang harus menguasai semua mata pelajaran.

Selama ini, sambungnya, guru harus mampu menuangkan laporan dalam bentuk tulisan yakni Penelitian Tindakan Kelas (PTK). PTK Tersebut salah satu syarat untuk peningkatan pangkat. “Apalagi tulisan itu bisa dimuat di media masa akan memiliki nilai yang sangat tinggi,” kata dia.

Loading...

Untuk meningkatkan keterampilan menulis guru dan siswa, SDN Karangtengah membiasakan siswa menulis sejak kelas 1. Bahkan guru dan siswa dilatih membuat buku puisi, artikel dan lainnya. “Untuk buku puisi sendiri akan kami terbitkan tahun 2020 mendatang,” kata dia.

Menurut dia, pembelajaran melalui keterampilan menulis sangat efektif dalam meningkatkan pengetahuan siswa. “Menulis ini pokok pertama yang harus dimiliki oleh siswa dalam proses pembelajaran,” katanya.

Senada dengan Helatini, Kepala SDN Kedung Waru Kecamatan Kawalu Sunaryo SPd MPd menyatakan bahwa keterampilan menulis harus dikuasai siswa dan guru karena menunjang proses pembelajaran.

Menurut dia, keterampilan yang harus dikuasai oleh siswa ada tiga yakni menulis, membaca dan menghitung. “Ketiganya ini tidak lepas dari keterampilan  menulis,” ujarnya.

Sunaryo menjelaskan, untuk meningkatkan keterampilan menulis itu, pihaknya membiasakan siswa membaca dan menulis setiap pagi sebelum proses pembelajaran. “Dan itu sangat mempengaruhi pengetahuan siswa, dilihat dari panjangnya tulisan siswa, kalau panjang tulisannya berarti pengetahuan nalar bagus,” jelas dia.

Guru SDN Karangtengah Enung Nurhasanah SPd, selama ini kebanyakan guru terkendala dalam memulai menulis. Solusinya, semakin sering berlatih menulis akan semakin mudah memulai tulisan. “Untuk menjadi penulis andal, harus banyak membaca sehingga kaya akan kosa kata,” ujarnya. (ujg)

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.