Guru Diajak Bedah Kisi-kisi Soal

384
0
MENYIMAK. Guru menyimak pemaparan narasumber dalam acara bedah kisi-kisi UNBK dan USBN 2019 di SMK Mitra Batik Tasikmalaya Kamis (24/1). Siti Aisyah / Radar Tasikmalaya

TASIK – Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Matematika dan Bahasa Indonesia SMK Kota Tasikmalaya menggelar bedah kisi-kisi Ujian Nasional Berbasis Komputer  (UNBK) dan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) 2019 di SMK Mitra Batik Tasikmalaya Kamis (24/1). Kegiatan ini bekerja sama dengan PT Penerbit Erlangga.

Kasi Pelayanan Kantor Cabang Dinas (KCD) Pendidikan Provinsi Jawa Barat Wilayah XII Kota dan Kabupaten Tasikmalaya Dedi Suryadin SPd MPd menyambut positif kegiatan ini karena bisa meningkatkan kinerja guru dalam membimbing siswa menghadapi ujian.

Terlebih UNBK dan USBN ini lebih menantang, setiap peserta mendapat soal yang berbeda-beda.

“Dalam kegiatan bedah Standar Kompetensi Lulusan (SKL) atau kisi-kisi soal ini guru matematika dan bahasa Indonesia bisa duduk bersama, saling berbagi motivasi dan saling melengkapi,” ujarnya.

Dia berharap kegiatan itu tak hanya seremonial saja, tapi harus ada sebuah usaha berkelanjutan. Ia pun berharap semua pihak bisa berkolaborasi sehingga mampu melahirkan prediksi soal-soal yang berbasis vokasi.

Ketua MGMP Bahasa Indonesia SMK Kota Tasikmalaya Teti Taryani SPd MPd mengatakan materi yang disampaikan dalam kegiatan tersebut seputar kisi-kisi UNBK dan USBN yang bisa dikembangkan oleh sekolah masing-masing dan digunakan sebagai acuan.

Loading...

Tujuan dari bedah kisi-kisi ini untuk meningkatkan pemahaman guru terhadap kisi-kisi UNBK dan USBN. Kemudian kisi-kisi itu harus diterjemahkan pada indikator soal. Adapun soal yang dibuat harus mengakomodasi Kurikulum 2006 dan 2013 serta sinkronisasi dengan kemampuan siswa.

Untuk itu, sambungnya, guru perlu selalu update keilmuan dan informasi, karena soal yang dibuat harus mengikuti perkembangan zaman.

Ketua MGMP Matematika SMK Kota Tasikmalaya Hendra Hendarsah SPd MPd mengatakan, bedah kisi-kisi ini untuk menyiasati sekaligus mencari penyelesaian tercepat soal UNBK dan USBN 2019.

“Secara umum soal matematika dibagi tiga kelompok, ada teknologi dan kesehatan, akuntansi, pariwisata dan industri kerumahtanggaan, sehingga soal nanti berbeda disesuaikan dengan jurusan,” katanya. (ais)

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.