Guru, Kepsek & Pengawas Swasta Negeri di Kota Tasik Diminta Ikut Seleksi Asesor PSP

77
0
Asep Sudrajat Hardipraja SPd MAk Kepala Bidang Pembinaan Guru dan Tenaga Kependidikan (PGTK) Disdik Kota Tasikmalaya
Asep Sudrajat Hardipraja SPd MAk Kepala Bidang Pembinaan Guru dan Tenaga Kependidikan (PGTK) Disdik Kota Tasikmalaya
Loading...

TASIK – Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Tasikmalaya mengajak guru, kepala sekolah dan pengawas baik negeri atau swasta untuk mengikuti rekrutmen calon asesor Program Sekolah Penggerak (PSP) dari Kemendikbud.

Untuk pendaftaran dan pengunggahan dokumen yang disyaratkan dilakukan secara daring melalui :https://aplikasi.tendik.kemdikbud.go.id/asesor-psp/registrasi. Paling lambat 1 Februari 2021.

Kepala Bidang Pembinaan Guru dan Tenaga Kependidikan (PGTK) Disdik Kota Tasikmalaya Asep Sudrajat Hardipraja SPd MAk mengatakan, Kemendikbud sudah membuka pendaftaran calon asesor program sekolah penggerak dari Kemendikbud. Ini dalam rangka mewujudkan visi pendidikan Indonesia maju.

“Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan akan melaksanakan proses seleksi bagi calon guru PSP, kepala sekolah PSP dan pelatih ahli PSP. Oleh karenanya saya merekomendasikan agar mereka bisa mengikuti kegiatan tersebut,” katanya kepada Radar, Jumat (29/1).

Dengan mengikuti dan mengembangkan PSP, sambung Asep, mereka dapat berdaulat, mandiri dan berkepribadian melalui terciptanya Pelajar Pancasila yang bernalar kritis, kreatif, mandiri, beriman dan bertakwa kepada Tuhan. Serta memiliki akhlak mulia, gotong royong, dan berkebhinekaan global.

loading...

“Mengingat banyaknya calon yang akan diseleksi, maka diperlukan asesor yang memenuhi persyaratan dan lulus dalam proses pelatihan atau sertifikasi. Kita mengundang individu terbaik di instansi agar dapat direkomendasikan sebagai calon asesor PSP,” ujarnya.

Untuk persyaratan, sambung Asep, bagi guru PNS/swasta yang terpenting pernah menjadi guru berprestasi minimal tingkat kabupaten/kota atau aktif berbagi praktik baik terkait pembelajaran menulis buku, aktif memberikan pelatihan luring atau daring, konten pendidikan di media sosial. Lalu berpengalaman mengajar minimal 5 tahun dan mendapatkan izin dari kepala sekolah.

“Pelaksanaan program ini untuk membantu Kemendikbud dalam seleksi program Sekolah Penggerak yang dibuktikan dengan melampirkan surat kesanggupan,” katanya.

Adapun persyaratan pengawas sekolah atau penilik maksimal memiliki sisa masa tugas minimal 2 tahun dan berpengalaman menjadi pengawas atau penilik minimal 5 tahun. Serta pernah menjadi pengawas berprestasi atau mendapatkan penghargaan minimal tingkat kabupaten/kota.

“Atau aktif berbagi praktik baik terkait pembelajaran. Seperti menulis buku, aktif memberikan pelatihan luring atau daring, dan menulis konten pendidikan di media sosial,” ujarnya.

Kemudian persyaratan kepala sekolah, satuan pendidikan sudah berdiri minimal 3 tahun, memiliki pengalaman sebagai kepala sekolah minimal 2 tahun di satuan pendidikan, dan pernah mendapatkan penghargaan minimal setingkat Kabupaten/Kota atau aktif berbagi praktik baik terkait pembelajaran bisa dengan menulis buku, aktif memberikan pelatihan luring/daring, dan konten pendidikan di media sosial.

Irvan Kristivan MPd Pendamping Guru Penggerak
Irvan Kristivan MPd
Pendamping Guru Penggerak

Pendamping Guru Penggerak Irvan Kristivan MPd menjelaskan, selama dua bulan sejak Oktober- Desember 2020 ia telah bersinergi dan berbagi pengalaman dengan guru penggerak agar tercipta Merdeka Belajar di sekolahnya masing-masing. Karena tugasnya sebagai fasilitator kepada guru penggerak, ia merencanakan dan merefleksikan aksi nyata dalam mengadakan lokakarya untuk transformasi pendidikan.

“Perjuangan masih berlanjut untuk menciptakan Merdeka Belajar. Maka saya terus bersinergi untuk saling memotivasi dan inspirasi dengan satu visi yang sama yaitu transformasi pendidikan,” katanya.

Program Merdeka Belajar ini diwujudkan agar ada perubahan di pendidikan yang lebih holistik, aktif dan proaktif. “Sehingga pada akhirnya mewujudkan pelajar yang mandiri dalam berkreativitas, berinovasi, memiliki kematangan moral dan spiritual,” ujarnya. (riz)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.