Guru Mesti Memahami Potensi Peserta Didik

217
0

TASIK – Pada kegiatan Pengenalan Lingkungan Sekolah (PLS) tingkat sekolah dasar (SD), guru harus memahami karakteristik dan potensi yang dimiliki siswa. Hal ini diungkapkan Kepala Seksi Kesiswaan Dinas Pendidikan Kota Tasikmalaya Drs H Opang Japar Sidik MPd kepada Radar, Senin (15/7).

“Seorang guru yang baik hendaknya bisa mengenal kepribadian siswa. Guru pun harus mampu memotivasi belajar siswa,” katanya. Terlebih siswa SD sedang mengalami fase peralihan dari pendidikan usia dini ke sekolah dasar. Mereka masih mempunyai dunia bermain sendiri. “Guru di jenjang pendidikan dasar dapat memanfaatkan kegiatan PLS untuk mendongkrak motivasi belajar anak,” ujar dia.

Ketua Kelompok Kerja Kepala Sekolah (KKKS) SD Kota Tasikmalaya Nana Her­ma­wan MPd menjelaskan, siswa baru jenjang SD mem­bu­tuhkan penanganan berbeda dibandingkan siswa baru pada jenjang pendidikan di atasnya. Siswa SD harus di­be­rikan perhatian yang nyata melalui sapaan hangat, raut wajah ceria dan kenyamanan saat di kelas.

“Di dalam proses pem­be­lajaran, guru kelas 1 hendaknya menghindari hukuman kepada siswa, sebaliknya guru harus sering memberikan pujian dan reward,” kata dia.

Pada kegiatan PLS, sambungnya, guru mesti memberikan perasaan nyaman. “Ketika sudah merasa nyaman maka saat belajar siswa akan mampu menyerap materi pelajaran,” ujarnya. Kompetensi pedagogik dan sosial yang dimiliki guru dapat membantu meningkatkan potensi peserta didik. (mg1)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.