Guru SD-SMP di Kota Tasik Dilatih Belajar Pakai Aplikasi Ayo Belajar

291
0
BIMTEK. Para tenaga pendidik menyimak cara penggunaan aplikasi Ayo Belajar dalam Bimtek di Aula Diskominfo Kota Tasikmalaya, Rabu (30/9/2020). Fatkhur Rizqi/Radar Tasikmalaya
BIMTEK. Para tenaga pendidik menyimak cara penggunaan aplikasi Ayo Belajar dalam Bimtek di Aula Diskominfo Kota Tasikmalaya, Rabu (30/9/2020). Fatkhur Rizqi/Radar Tasikmalaya

TASIK – Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kota Tasikmalaya melaksanakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Penggunaan Aplikasi Ayo Belajar yang diikuti guru SD/SMP sederajat, Rabu (30/9/2020).

Bimtek tersebut bagian dari dukungan pemerintah dalam menciptakan proses belajar dan mengajar yang lebih efisien, inovatif dan dinamis melalui aplikasi.

Kepala Dinas Kominfo Kota Tasikmalaya H Asep MP menjelaskan Bimtek itu untuk memberikan pepahaman cara kerja aplikasi Ayo Belajar. Bimbingan tersebut akan diikuti oleh ratusan guru.

“Itu untuk mempersiapkan sumber daya manusia (SDM) yang mumpuni mengoperasikan aplikasi Ayo Belajar,” katanya kepada Radar Tasik.

Bimtek dilaksanakan secara bertahap dengan dihadiri 20 peserta setiap harinya. Pembatasan tersebut dilakukan sebagai bentuk penerapan protokol kesehatan. “Sekarang sudah berlangsung dua Minggu,” ujarnya.

Aplikasi Ayo belajar buatan Diskominfo Kota Tasikmalaya menjadi rumah untuk media pembelajaran jarak jauh. Yang bisa mengaksesnya adalah guru dan siswa dari tingkat pendidikan dasar hingga menengah pertama se-Kota Tasikmalaya.

Loading...

“Aplikasi ini bisa memberikan alternatif untuk memaksimalkan belajar daring. Pemanfaatannya bisa mengunjungi laman ayobelajar.tasikmalayakota.go.id,” tuturnya.

Aplikasi Ayo Belajar itu, kata Asep, mudah digunakan dan memiliki banyak fitur pembelajaran.

“Bisa langsung berkomunikasi video konferensi dan konten-kontennya menarik, sehingga mudah diterapkan guru dan dimengerti siswa,” ujarnya.

Asep meyakini teknologi bisa mengubah dunia pendidikan secara positif. Penggunaan teknologi juga bagian dari transformasi pendidikan menuju era digital.

Teknologi pembelajaran digital bukan hanya bermanfaat memperlancar kegiatan belajar mengajar di masa pandemi, tetapi juga menyiapkan generasi sekarang yang menguasai teknologi sehingga memiliki daya saing di era revolusi industri 4.0.

Sebelumnya, Kepala Bidang Pembinaan SD Dinas Pendidikan Kota Tasikmalaya Agus Permana MM sering memberikan pemahaman agar guru bisa menguasai metode pembelajaran jarak jauh (PJJ).

Kini perwakilan guru sedang mengikuti Bimtek. Agar paham memanfaatkan aplikasi belajar daring yaitu Ayo Belajar langsung diajarkan dari Dinas Kominfo Kota Tasikmalaya.

“Setelah guru bisa. Silakan diaplikasikan dalam PJJ untuk memberikan pelayanan optimal belajar dari rumah kepada siswa,” ujarnya.

Peserta Bimtek Ayo Belajar, Guru MI Miftahul Huda Kawalu Mila menyatakan, akan menyampaikan hasil Bimtek kepada guru dan orang tua siswa. Ketika setuju berarti bisa digunakan pembelajaran daring.

“Aplikasi ini meringankan guru mengajar dan wadah mudah belajar siswa,” katanya. (riz)

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.