Guru SDN Sukamulya Terbitkan Buku

45
KARYA. Irvan Kristivan MPd menunjukkan buku hasil karyanya yang baru diterbitkan. istimewa

TASIK- Guru Pendidikan Jasmani (Penjas) SDN Sukamulya Tasikmalaya Irvan Kristivan MPd menerbitkan buku Jejak Penggerak Literasi (JPL) serta novel Salju di Gurun Pasir. Buku tersebut berisi tulisan-tulisan kecil yang didokumentasikan dari kegiatan literasi yang telah dilakukannya.

“Awalnya hanya tulisan-tulisan kecil untuk mendokumentasikan kegiatan literasi. Akhirnya sekitar bulan Oktober 2018 saya terpikir untuk menyusunnya dan jadikan sebuah buku. Alhamdulillah akhirnya Januari 2019 buku Jejak Penggerak Literasi bisa terbit,” terang Irvan yang juga merupakan Sekretaris Umum IGORA-PGRI Kota Tasikmalaya.

Dia mengaku sebelumnya tidak terpikir untuk menerbitkannya menjadi sebuah buku, namun seiring berjalannya waktu tulisan-tulisan kecil yang selama ini dikumpulkan menjadi satu nafas rekam jejak literasi di SDN Sukamulya Tasikmalaya.

Lanjutnya, buku-buku yang diterbitkan di tahun 2019 merupakan kumpulan tulisan yang sudah sejak lama Irvan tulis, novel Salju Di Gurun Pasir ia tulis pada tahun 2007 tapi baru bisa diterbitkan pada Januari 2019. “Buku-buku saya sudah ISBN dan tentu saja legalitas dan hak ciptanya sudah tercatat di Perpusnas,” ujarnya kepada Radar Selasa (5/2).

Lanjutnya, Buku JPL hanya dicetak 50 eksemplar dan sudah banyak peminatnya. Sebab, buku tersebut dipandang sangat diperlukan dalam mengembangkan literasi di sekolah. “Cetaknya memang baru sedikit karena belum di-launching. Buku ini terbit secara indi atau dengan biaya sendiri,” katanya.

Setelah menerbitkan dua buku, sambungnya, Irvan saat ini tengah menyiapkan 2 buku lain yang masih dalam tahap penulisan. Targetkan tahun depan sudah bisa diterbitkan.

“Harapannya ada penerbit mayor yang mau menerbitkan tulisan-tulisan saya, kalaupun tidak ada minimal ada yang mengapresiasi, sekecil apapun bentuk apresiasi adalah hal yang sangat membahagiakan,” ungkap Irvan. Ia berharap langkahnya menerbitkan buku bisa menjadi inspirasi bagi guru lainnya. (ais)

loading...
BERBAGI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.