Siapa calon Bupati Tasikmalaya pilihan anda?

0.4%

0.9%

60.9%

2.3%

0.2%

4.4%

19.5%

11.3%

0%

0.1%

0%

0%
Kemenag Wujudkan Madrasah 4.0

HAB Kemenag Ke-74 Tingkatkan Mutu SDM

30
0
RESMIKAN. Kepala Kantor Kemenag Kota Tasikmalaya Dr H Hilmy Riva’i MPd (kiri) mendampingi Wali Kota Tasikmalaya Drs H Budi Budiman saat peresmian masjid Kemenag di halaman Kantor Kemenag Kota Tasikmalaya Kamis (2/1).
RESMIKAN. Kepala Kantor Kemenag Kota Tasikmalaya Dr H Hilmy Riva’i MPd (kiri) mendampingi Wali Kota Tasikmalaya Drs H Budi Budiman saat peresmian masjid Kemenag di halaman Kantor Kemenag Kota Tasikmalaya Kamis (2/1).

TASIK – Di momen Hari Amal Bhakti (HAB) Kementerian Agama ke-74, Kantor Kementerian Agama Kota Tasikmalaya berkomitmen untuk terus mengawal mutu pendidikan di madrasah dan meningkatkan kualitas tenaga pendidik.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Tasikmalaya Dr H Hilmy Riva’i MPd menjelaskan, Indonesia tengah memasuki era Revolusi Industri ke-4, makanya madrasah harus siap menghadapi tantangan global dengan menyiapkan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas.

Maka, lanjutnya, ia berharap di HAB ini, seluruh pengelola pendidikan mengarah pada peningkatan mutu kualitas anak didik yang menyesuaikan kondisi zaman.

Kalau sekarang zamannya digital, sambungnya, maka nuansa pendidikan madrasah harus diimbangi nuansa digital.

“Bukan berarti pembangunan karakter dilupakan, namun pendidikan madrasah bisa diperkuat dengan basis pembelajaran digital,” kata dia kepada Radar, Kamis (2/1).

Pendidikan berbasis digital ini sudah dimulai dengan penerapan sistem Education Management Information System (EMIS) yang merupakan sistem informasi yang dikembangkan oleh Kemenag untuk memudahkan input data sekolah, pondok pesantren dan pendidikan tinggi Islam.

Selain itu, dirinya membuat pilot project ujian berbasis digital di MTsN 1 Kota Tasikmalaya. Jadi anak mengerjakan soal ujian tidak tertulis, namun dengan Computer Assisted Test (CAT) dan android.

“Kita berharap ujian tidak menggunakan kertas lagi. Melalui sistem CAT maka hasil penilaian siswa madrasah sudah diarahkan ke digital,” ujar dia.

H Hilmy menambahkan, pendidikan adalah landasan yang penting dalam rangka mewujudkan SDM Unggul Indonesia Maju. Maka, Kementerian Agama dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) bekerja sama dalam menyinergikan metodologi pendidikan.

Apalagi di Kemendikbud, sistem atau model pendidikan sekarang memiliki ruang gerak yang leluasa dan terbuka sehingga guru dan siswa diberikan kebebasan dalam kegiatan proses belajar mengajar (PBM).

“Sekarang diharapkan model-model pembelajaran yang terbarukan diperkuat di madrasah,” katanya.

Wali Kota Tasikmalaya Drs H Budi Budiman berharap HAB ke-74 mampu memberikan semangat kepada lembaga-lembaga di bawah Kemenang seperti Forum Komunikasi Diniyah Takmiliyah (FKDT), Perkumpulan Guru Madrasah (PGM), Ikatan Guru Raudhatul Athfal (IGRA) dan lain-lain dalam membentuk penguatan SDM unggul dan menjadikan Kota Tasikmalaya juara lahir batin.

“Lembaga-lembaga pendidikan di Kemenag memberikan keberkahan dalam menghadirkan SDM yang andal, berdaya saing, berkarakter dan berakhlak,” ujarnya. (riz)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.