Hajar Eden Hazard!

11

LONDON – Manchester City bak monster yang menghadirkan mimpi buruk bagi siapa pun musim ini. Kalau Chelsea ingin meredam keganasan The Citizens, Maurizio Sarri harus punya ramuan ajaib.

Tidak terkalahkan dalam 15 laga awal Premier League dan mencatatkan selisih gol plus 38 adalah bukti sahih bagaimana berbahayanya anak asuh Pep Guardiola saat ini.

Tidak mengherankan kalau kemudian satu per satu tim langganan empat besar sudah mereka libas.

Arsenal dan Tottenham Hotspur adalah dua raksasa yang dipermalukan City di kandang masing-masing. Sedangkan pemilik gelar terbanyak Premier League, Manchester United dihajar di Etihad.

Sejauh ini, hanya Liverpool yang beruntung lolos dari kekalahan setelah penalti Riyad Mahrez di menit akhir gagal berbuah gol di Anfield.

Pada pekan ke-16, giliran Chelsea yang akan diuji Manchester Biru. Dengan kekalahan di markas Wolverhampton Wanderes tengah pekan lalu, The Blues bukan tidak mungkin juga akan jadi mangsa Raheem Sterling dkk.

Karena itu, Sarri dituntut menyiapkan strategi khusus agar bisa memberi kekalahan perdana pada City di Stamford Bridge.

Kalau hanya bertumpu pada kepiawaian Jorginho, itu bakal tidak cukup karena City memiliki sekumpulan gelandang energik yang akan mematikan pergerakan jenderal lapangan tengah tuan rumah tersebut.

Statistik pertemuan kedua klub sejauh ini menempatkan tim tamu sebagai favorit pemenang. Pada tiga pertemuan terakhir, sang juara bertahan selalu bisa mengalahkan Chelsea. Termasuk kemenangan 1-0 lewat gol Kevin De Bruyne di Stamford Bridge, musim lalu.

Sarri mengakui beratnya tugas yang mereka emban. “Manchester City berada di kategori lain. City adalah tim terbaik di Eropa, mungkin yang terbaik di dunia. Kami harus bermain dan bertarung untuk berada di empat besar,” ujar Sarri di Daily Star.

Untungnya, Sarri punya catatan bagus. Dia belum pernah kalah dalam dua pertandingan liga berturut-turut sebagai manajer sejak Oktober 2016. Selain itu, Chelsea juga punya Eden Hazard yang cukup bersahabat dengan gawang City.

Dalam lima pertemuan terakhir kedua tim, ia mencetak tiga gol. Hazard pun berharap bisa menjadi pembeda di laga ini.

“Kami memiliki banyak kepemilikan bola, tetapi kami sering harus bergantung pada tindakan individu untuk mencetak gol. Sedangkan City, semua tentang bermain tim. Mereka menciptakan lebih banyak peluang, dan mencetak lebih banyak gol. Tetapi memang benar mereka tidak memiliki Eden Hazard. Itulah bedanya,” tegas Hazard di Play Sports.

Dengan selisih 10 poin dari City, bek Chelsea, Marcos Alonso memperingatkan timnya bagaimana pentingnya laga ini mereka menangkan untuk tetap bersaing di jalur juara.

“Ini adalah kesempatan sempurna untuk kembali. Ini akan menjadi pertandingan yang hebat, pasti. Semua orang akan sangat termotivasi untuk bermain,” katanya di FFT.

Penekanannya, Alonso adalah bagaimana kembali filosofi yang membuat mereka tidak terkalahkan pada awal kepemimpinan Sarri.

“Kami harus bermain lebih sebagai sebuah tim. Kami tidak melakukannya dengan sangat baik saat ini. Lebih individual (dari pada) sebagai sebuah tim, kami harus menjadi lebih kolektif,” ujar Alonso.

Guardiola tak mau over confidence. Bagi eks pelatih Barcelona itu, duel kontra Chelsea akan berbeda. “Setiap tim memiliki kualitas dan cara bermain berbeda. Kita tahu bahwa Sarri menyukai build-up dan menciptakan tiga vs dua di tengah, tiga melawan satu dan banyak umpan pendek dan kontinuitas. Akan tetapi, kami menerima tantangan untuk mencoba dan menang di Stamford Bridge,” tegas Pep di Football London.

Tanpa cedera baru, Chelsea yang membuat lima perubahan di markas Wolves akan turun dengan kekuatan terbaiknya meski Ruben Loftus-Cheek yang belakangan ini tampil bagus bisa saja akan dipertahankan sebagai starter.

City sendiri akan kehilangan Benjamin Mendy, De Bruyne dan masih akan menunggu kondisi terakhir Sergio Aguero. (amr/fin)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.