Hak Suara DPTb Bisa Berkurang

26
0
PLENO. KPU Kota Tasikmalaya melaksanakan Rapat Pleno Rekapitulasi DPTb di City Hotel, Minggu (17/2).RANGGA JATNIKA / RADAR TASIKMALAYA

CIHIDEUNG – Masyarakat yang berpindah domisili dan masuk Daftar Pemilih Tambahan (DPTb) tidak akan mendapat surat suara penuh pada 17 April mendatang. Hal itu karena hak untuk memilih calon anggota legislatif (caleg) tetap mengacu pada domisili awal.

Ketua KPU Kota Tasikmalaya Ade Zaenul Mutaqin mengatakan bahwa DPTb didominasi oleh para pekerja dan pelajar. Tidak sedikit mereka yang berasal dari luar daerah, baik yang masuk maupun keluar. “Kebanyakan yang kerja dan pelajar (mahasiswa),” ujar dia kepada Radar di sela rapat pleno rekapitulasi DPTb di City Hotel, Minggu (17/2).

Konsekuensinya, para pemilih hanya mendapatkan surat suara yang ada kesamaan antara domisili awal dan domisili barunya. Hal itu sehubungan dengan Daerah Pemilihan (Dapil) di mana pemilih tidak bisa mencoblos caleg di wilayah Dapil lain. “Misalkan orang Bandung yang nyoblos di Tasikmalaya, berarti hanya mendapat surat suara Pilpres dan DPD saja, karena caleg DPRD dan DPR RI berbeda dapil,” kata dia.

Di satu sisi, hak memilih dari masyarakat memang berkurang porsinya akibat konsekuensi kepindahan. Namun demikian, hal itu juga bisa mengantisipasi penggiringan massa oleh parpol dari luar dapilnya.

“Jadi misalkan banyak relasi dari luar, meskipun dipindah ke dapilnya tetap tidak akan berpengaruh,” tuturnya.

Sementara ini, jumlah warga yang masuk di DPTb yakni 272 orang. Namun, mobilitas masyarakat tetap berjalan sampai pelaksanaan pemilu sehingga data masih bersifat dinamis. Maka dari itu, akan ada penetapan secara bertahap untuk memperbarui data tersebut.

Pada kesempatan tersebut Bawaslu juga mengingatkan keakuratan data pendataan DPTb. Pasalnya, ada beberapa temuan beberapa DPTb yang sudah terdata di domisili baru tapi belum tercatat oleh petugas di domisili yang lama sehingga seolah menjadi pemilih ganda. “Jadi kami mendorong supaya diverifikasi terus, sehingga datanya akurat,” ujar Ketua Bawaslu Kota Tasikmalaya Ijang Jamaludin. (rga)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.