Hampir Tiap Hari, Ratusan Warga Antri Urus E-KTP

Siapa Presiden Pilihan Mu ?

KOTA TASIK – Ratusan warga dari berbagai kecamatan di Kota Tasikmalaya terpaksa antri untuk menyerahkan berkas pembuatan KTP Elektronik ke Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Tasikmalaya.

Kondisi yang kerap antri, dikeluhkan oleh warga. Adalah Rosi Fauzi (24) warga asal Mangkubumi yang akan membuat KTP Elektronik.

“Tiap kesini memang selalu antri, jadi kurang kondusif. Sarana nya juga kurang memadai,” keluhnya.

Antrian bahkan sempat mengular selama beberapa jam dari pagi hari, namun pantauan radartasikmalaya.com sekitar pukul 12.00 siang antrian sudah semakin berkurang.

Terpisah, Kepala Bidang Kependudukan Disdukcapil Kota Tasikmalaya, Entis Sutisna, mengakui bahwa antrian panjang pendaftar KTP Elektronik hampir setiap hari terjadi.

Pasalnya, kata Entis, hingga saat ini masih banyak warga yang belum mendaftar KTP Elektronik.

“Apalagi sekarang menjelang pilkada serentak, jumlah pembuat E-KTP mengalami peningkatan yang cukup signifikan,” tandasnya.

Setiap harinya, Disdukcapil Kota Tasikmalaya memiliki target cetak sebanyak 200 lembar E-KTP.

Namun target tersebut tidak setiap hari terpenuhi, pasalnya pencetakan E-KTP sangat bergantung pada jaringan dan sistem di pusat.

Apabila sistem dan jaringan stabil, maka proses cetak E-KTP bisa berlangsung cepat, bahkan cukup dalam hitungan menit.

Entis menjelaskan, ada dua status pencetakan E-KTP pasca perekaman data, yakni Send For Enrollment (SFE) dan Print Ready Record (PRR).

“Setelah data direkam, kan langsung dikirim ke pusat. Nah, itu masuk tahapan SFE, jadi di proses dan di verifikasi. Jika sudah beres dan statusnya berubah menjadi PRR, baru bisa di cetak di sini. Jadi tergantung pusat,” ujar Entis kepada radartasikmalaya.com.

Mengatasi tingginya permintaan masyarakat dalam pembuatan E-KTP, Disdukcapil Kota Tasikmalaya membuka pelayanan di akhir pekan, yakni Sabtu dan Minggu dari mulai pukul 09.00 pagi hingga 16.00.

Hal tersebut, kata Entis, guna mengakomodir warga yang tidak memiliki waktu untuk membuat E-KTP di hari kerja.

Pihaknya, lanjut Entis akan melakukan perekaman data E-KTP ke beberapa sekolah di Kota Tasikmalaya. Hal tersebut guna memaksimalkan suara masyarakat yang sudah memiliki hak pilih untuk memanfaatkan hak pilihnya di Pilgub Jabar 2018.

“Besok Selasa (13/03/2018) kami akan ke SMK 3 Tasikmalaya untuk perekaman data E-KTP. Ya mereka kan pemilih pemula, jadi harus segera memiliki KTP supaya bisa memanfaatkan hak pilih mereka,” ujarnya. (sal)

loading...