Beranda Kota Tasik Hanya 10 Angkutan Online yang Uji Kir

Hanya 10 Angkutan Online yang Uji Kir

140
BERBAGI
UJI KIR. Mobil yang digunakan untuk angkutan berbasis aplikasi dari Kobanter diuji kelaikannya di Dinas Perhubungan Kota Tasikmalaya, Senin (2/4). (Foto : RANGGA JATNIKA / RADAR TASIKMALAYA)

CIPEDES – Sepuluh pengemudi mobil angkutan online melakukan uji kelaikan di Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Tasikmalaya, Senin (2/4). Ini adalah pertama kalinya Dishub mendapat pengajuan KIR dari awak angkutan berbasis online.

Ketua kelompok pengujian Dishub Kota Tasikmalaya Asep Suherman mengaku sebelumnya tak pernah ada awak angkutan online yang melakukan uji kir. Pihaknya pun menyambut baik dengan kesadaran para driver. “Ini yang pertama, sebelumnya belum ada yang kir,” ungkapnya.

Seperti angkutan lainnya, petugas memeriksa beberapa hal yang menjadi indikator kelaikan kendaraan. Di antaranya surat-surat kendaraan, kondisi rem dan akurasi speedometer dengan peralatan khusus. “Setelah melalui pengecekan, hasilnya sudah laik jalan,” katanya.

Mobil yang dinyatakan laik jalan ditempeli stiker di bagian dalam dan surat keterangan dengan barcode. Sementara ini, belum ada ciri khusus yang bisa langsung dilihat oleh konsumen dari luar untuk membedakan mobil angkutan online yang sudah dinyatakan laik jalan dan yang belum. “Paling sopir bisa menunjukkan surat keterangan itu,” ujarnya.

Driver angkutan online Hari Sumardi mengatakan uji kelaikan ini untuk menuntaskan kewajiban yang harus dilakukan. Dia tidak ingin hanya memiliki legalitas saja tanpa memastikan mobilnya aman. “Kalau sudah begini kan saya juga bisa lebih tenang,” aku anggota Kobanter itu.

Ketua Kobanter Tasikmalaya Hendrik Dwi Sutanto menuturkan sementara ini yang diikutkan dalam uji kir memang baru 10 mobil. Hal itu sesuai dengan jumlah yang diizinkan oleh Dishub Provinsi Jabar yang memberikan legitimasi kepada Kobanter.
“Memang baru segini. Karena diberi izin oleh Dishubnya baru sepuluh saja,” katanya. (rga)

Facebook Comments

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.