Hanya Tinggal 70 Koperasi yang Aktif di Pangandaran

13
0
BERTAHAN.Salah satu koperasi yang masih bertahan di Kabupaten Pangandaran.
BERTAHAN.Salah satu koperasi yang masih bertahan di Kabupaten Pangandaran.

PANGANDARAN – Jumlah koperasi di Kabupaten Pangandaran terus mengalami penyusutan, tercatat kini hanya tinggal puluhan koperasi yang masih eksis.

Kepala Dinas Perdagangan Koperasi dan UMKM Kabupaten Pangandaran Tedi Garnida mengatakan awalnya ada sekitar 203 Koperasi di tahun 2016 lalu.

”Namun setelah adanya reformasi total koperasi dengan program rehabilitasi, reorientasi dan pengembangan SDM, kini tersisa hanya 70 koperasi di Pangandaran,” jelasnya kepada Radar, Kamis (12/9).

Menurut dia, jika koperasi tidak melaksanakan Rapat Anggota Tahunan (RAT) hingga tiga tahun berturut-turut, maka koperasi tersebut akan dibekukan. ”Berlaku dari 2016 lalu,” jelasnya.

Lanjut dia, banyak sekali penyebab koperasi tidak bisa melaksanakan RAT seperti manajemen yang buruk, kalah bersaing, pinjaman macet, usaha tidak berjalan dan lain-lain.

Menurut dia, jenis usaha koperasi yang mengalami keruntuhan adalah simpan pinjam. ”Variatif sebenarnya, tapi kebanyakan ya yang simpan pinjam itu,” terangnya.

Saat ini, kata dia, kebanyakan adalah koperasi terjun di bidang sektor riil seperti koperasi nelayan, transportasi dagang dan lain-lain. ”Yang terjun di simpan pinjam juga masih ada, walaupun tidak banyak,” katanya.

Upaya yang dilakukan dinas terkait untuk mempertahankan koperasi yang masih bertahan, sambung Tedi, dengan meningkatkan pengawasan, pelatihan, peningkatan kapasitas kelembagaan dan juga peningkatan kemampuan Informasi dan Teknologi.

”Termasuk kalau ada pameran atau apapun, kita selalu menampilkan produk koperasi kita,” jelasnya.

Namun upaya yang dilakukan optimal atau tidaknya sangat relatif, yang terpenting saat ini adalah meningkatkan kualitas koperasi tersebut, bukan meningkatkan kuantitasnya. ”Jadi lebih didorong ke peningkatan informasi teknologi,” ucapnya. (den)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.