Harga Cabai Setara Daging Sapi

51
0
MENATA CABAI. Pedagang sayuran Pasar Induk Cikurubuk Tatang (53) menata barang dagangannya, Minggu (11/8).

MANGKUBUMI – Pada Hari Raya Idul Adha, Minggu (11/8), harga cabai di Pasar Induk Cikurubuk masih bertahan di kisaran Rp 80.000 per kilogram. Nominal yang setara dengan harga daging sapi per kilogram itu memberatkan penjual dan pembeli.

Pedagang sayuran Pasar Induk Cikurubuk, Tatang (53) menerangkan, sejak tiga bulan lalu, harga cabai rawit hijau masih di angka Rp 80.000 per kilogram. Dengan kondisi tersebut, dia mengurangi stok penjualan agar tidak rugi. Stok yang disediakan hanya 5 kilogram per hari dari yang biasanya 20 kilogram per hari. Para pembeli pun banyak yang mengeluh karena harga cabai setara dengan harga daging sapi. “Yang biasa beli seperempat hanya Rp 10.000, sekarang kebanyakan beli satu ons Rp 10.000. Karena seperempat cabai rawit hijau sekarang Rp 20.000,” tutur dia.

Dia berharap pemerintah bisa turun tangan untuk menormalkan harga cabai. Normalnya, cabai rawit itu dijual Rp 40.000 per kilogram. Adapun sayuran lainnya seperti tomat harganya sudah turun. “Tomat sedang turun per kilo Rp 5.000. Padahal satu bulan lalu mencapai Rp 12.000,” kata dia.

Pedagang sayuran Wina (32) juga mengeluhkan harga cabai domba yang mencapai Rp 85.000 per kilogram. “Harganya terlalu tinggi, semoga bisa diturunkan segera oleh Pemerintah Kota Tasikmalaya,” harapnya.

Penjual rujak Rio (31) menyatakan, dampak mahalnya cabai, modal untuk belanja bahan rujak pun semakin tinggi. Kondisi tersebut sungguh memberatkannya. “Saya berharap cepat turun atau normal. Kini saya tabah untuk menantikan harga cabai turun,” kata dia. (mg1)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.