Tradisi Menjelang Natal dan Tahun Baru

Harga Telur Ayam Merangkak Naik

115
MERANGKAK NAIK. Harga telur di Pasar Cikurubuk merangkak naik, Jumat (7/12). Kenaikan harga diprediksi terus berlangsung hingga Natal dan Tahun Baru.

MANGKUBUMI – Menjelang Natal dan Tahun Baru, harga telur di Pasar Cikurubuk mulai merangkak naik, Jumat (7/12). Kenaikan harga ini sudah dikhawatirkan oleh Wakil Wali Kota Tasikmalaya H M Yusuf jauh-jauh hari.

Seperti diakui pedagang telur di Blok C III nomor 255, Kamaludin (29). Menurut dia, harga telur terus naik menjelang pergantian tahun. Sebulan yang lalu harganya masih di angka Rp 20 ribu dan sekarang Rp 25 ribu per kilogram. “Sudah sebulan terus saja naik,” ujarnya.

Kenaikan itu, terang dia, karena tingkat permintaan cukup banyak. Apalagi masyarakat banyak yang masak untuk peringatan maulid nabi dan hajatan. Diprediksi harga akan terus naik sampai momen Natal dan Tahun Baru. “Kemungkinan akan terus naik, mudah-mudahan tidak lebih dari Rp 26 ribu,” terangnya.

Sebagai pedagang, pihaknya tidak bisa menentukan harga jual karena bergantung kepada pemasok. Ada pun telur-telur yang dijual didatangkan dari luar daerah. “Dari Blitar dipasoknya,” tuturnya.

Hal serupa diakui Aan Nirwana (28). Pedagang telur di Blok C-3 Nomor 339 Pasar Cikurubuk menyebutkan kenaikan harga telur menjelang Natal dan Tahun Baru sudah menjadi tradisi. “Dua minggu sebelumnya Rp 23,5 ribu sekarang Rp 25 ribu,” papar dia.
Adapaun telur yang dijual Aan berasal dari para peternak lokal Tasikmalaya. Tidak jauh berbeda dengan telur dari luar daerah.

Aan pun memprediksi kenaikan harga akan terus terjadi sampai pergantian tahun. Akan tetapi, dia tidak bisa memastikan kenaikan bisa sampai di harga berapa. “Kemungkinan naik terus, mudah-mudahan tidak terlalu mahal juga,” katanya.

Sebagaimana diketahui, Menteri Perdagangan Enggarliasto Lukita meminta pemerintah daerah mengawasi potensi lonjakan harga sembako menjelang tahun baru. Wakil Wali Kota Tasikmalaya H M Yusuf menilai harga telur sulit ditangani karena masih bergantung pada pasokan dari daerah lain. (rga)

loading...
BERBAGI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.