Harga Telur & Daging Ayam di Ciamis Naik

66
0
SIDAK. Dinas Peternakan dan Dinas Perdagangan melakukan sidak ke pasar untuk memastikan harga dan ketersediaan bahan pokok, Jumat (25/12). IMAN S RAHMAN/RADAR TASIKMALAYA
Loading...

CIAMIS – Dinas Peternakan dan Dinas Perdagangan Kabupaten Ciamis melaksanakan  inspeksi mendadak (sidak) mengecek harga dan ketersediaan barang bahan poko jelang pergantian tahun, Jumat (25/12) pagi di Pasar Manis Ciamis.

Fungsional Analis Pasar Hasil Pertanian Komoditi Peternakan Disnakkan Ciamis Farid Bani Adam menyampaikan bahwa hasil sidak ada beberapa bahan pokok mengalami kenaikan.

Di antaranya telur ayam dari Rp 26 ribu per kilogram menjadi Rp 28 ribu. Sedangkan daging ayam yang biasa Rp 35 ribu kini Rp 38 ribu sampai Rp 40 ribu.

“Kami bersyukur meski ada kenaikan untuk ketersedian aman,” ujarnya.

Baca juga : FGD Cari Solusi Peningkatan PAD Ciamis

Loading...

Lanjut dia, dalam sidak tersebut juga berkomunikasi dengan para pedagang soal kenaikan beberapa komoditi di pasar. Seperti telur, berdasarkan keterangan pedagang ini disebabkan banyaknya permintaan dan ketersedian barang tidak mencukupi, sehingga ada kenaikan harga.

“Apalagi sekarang ada bantuan pemerintah yang memberikan bahan makanan, salah satunya telur. Sehingga ketersediaan barang berkurang,” ujarnya.

Sedangkan daging ayam, kata dia, mengalami kenaikan di tingkat peternak dan pemotongan berkisar Rp 23 ribu sampai Rp 25 ribu per kilo gramnya. Penyebabnya adanya kenaikan pada pakan ayam.

“Makanya upaya Pemerintah Ciamis dalam mengatasi kenaikan harga melakukan rapat antar SKPD nanti terkait kenakan komiditas di bahan poko tersebut dengan langkah-langkah yang perlu dilakukan untuk menstabilkan harga,” ujarnya.

Maya (45), pedagang daging ayam mengaku kenaikan harga memang sudah terjadi dari kandang. “Katanya harga naik karena pakannya juga naik. Jadi kalau dari peternak naik, otomatis kami pedagang juga harus menaikan harga,” katanya, menjelaskan. (isr)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.